Wabah COVID-19 di Indonesia telah membuat sebagian masyarakat Indonesia menjadi berbelanja secara daring maupun meningkatkan pembelanjaan daringnya. Hal itu misalnya terlihat dari data Bank Indonesia pada bulan Agustus 2020 lalu, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. Menurut data bersangkutan, terdapat kenaikan transaksi e-commerce sebesar 26% serta peningkatan jumlah konsumen sampai 51% selama wabah COVID-19 sampai saat itu.
Peningkatan tersebut pun membantu Blibli mencatat pertumbuhan, termasuk selama festival #HikmahRamadhan yang digelar sejalan dengan berlangsungya Ramadan. Momen Ramadan sendiri tentunya juga meningkatkan pembelanjaan. Perihal pertumbuhan ini disampaikan Blibli kemarin sembari menegaskan Blibli terus melengkapi fitur dan layanan di aplikasinya, agar masyarakat di tanah air makin mudah dan praktis dalam berbelanja.
“Ramadan selalu menjadi momen tepat untuk mendorong performa penjualan bagi pemain retail seperti Blibli, khususnya di saat digitalisasi terjadi secara menyeluruh hingga daerah luar ibu kota. Blibli sebagai platform belanja digital melihat bahwa e-commerce telah menjadi partner bagi pelanggan untuk menjalani momen-momen penting mereka seperti puasa dan Lebaran. Oleh karena itu, variasi produk yang dibeli di momen Ramadan kali ini lebih luas, mulai dari kebutuhan keseharian hingga produk yang bisa meningkatkan kualitas hidup,” sebut Cindy Kalensang (VP Business Development, Blibli).
Lebih lanjut Blibli menyebutkan bahwa peningkatan pembelanjaan daring yang dilakukan masyarakat Indonesia, khususnya saat Ramadan tahun ini, tidak hanya di DKI Jakarta, melainkan juga di berbagai daerah di luar ibu kota. Menariknya, beberapa daerah di luar Jakarta itu juga mengalami pertumbuhan pemesanan paling tinggi. Daerah yang dimaksud antara lain Nanggroe Aceh Darussalam, Sidenreng Rappang/Rapang di Sulawesi Selatan, Yahukimo di Papua, Katingan di Kalimantan Tengah, dan Kerinci di Jambi. Namun, Blibli tidak menyebutkan secara spesifik besarnya pertumbuhan masing-masing daerah.
Sementara, untuk kategori produk yang mengalami pertumbuhan pemesanan paling tinggi saat Ramadan yang baru lalu antara lain groceries, teknologi, kesehatan dan kecantikan, fesyen muslim, serta investasi emas dan logam mulia. Beberapa kategori yang disebutkan merupakan kategori yang lazim bertumbuh saat Ramadan. Namun, menariknya, kesadaran keuangan masyarakat ikut terlihat pada Ramadan tahun ini selama program #HikmahRamadhan. Bahkan, kategori perhiasan emas dan logam mulia bertumbuh hingga dua kali lipat dibandingkan kondisi biasa. Besarnya pertumbuhan tersebut pun menyerupai kategori-kategori lain, kecuali fesyen muslim. Fesyen muslim sendiri mengalami pertumbuhan tertinggi hingga lima kali lipat.
“Performa produk dari berbagai kategori di Blibli ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital semakin menjadi hal yang inklusif bagi masyarakat. Oleh karena itu, Blibli akan terus memperkuat layanan bagi pelanggan dengan fitur pengiriman cepat, seperti 2 Hours Delivery, Instant, hingga Sameday, sebagai layanan fast delivery Blibli yang didukung oleh warehouse yang tersebar di 15 kota-kota besar di Indonesia dan kemitraan logistic partner yang lengkap,” pungkas Cindy Kalensang.
KOMENTAR