Situasi pandemi COVID-19 telah mengubah persepsi mesyarakat di Indonesia, khususnya generasi milenial, tentang pentingnya literasi keuangan.
Timbulnya kekhawatiran akan ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 menjadi salah satu motivasi utama milenial untuk mengenal lebih jauh tentang manajemen dan risiko keuangan, seperti mempersiapkan dana darurat dan asuransi.
Namun, jika berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2019, penetrasi asuransi di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu sekitar 3% saja.
Guna menjawab kebutuhan proteksi masyarakat, termasuk milenial, perusahaan startup yang bergerak di bidang insurance technology (insurtech) Qoala, menghadirkan pembelian produk asuransi melalui website www.qoala.app dengan proses 100% online.
"Melalui Qoala.app, produk asuransi tersedia secara online dan dapat diakses dengan mudah sehingga cocok untuk para milenial yang membutuhkan proteksi,” jelas Theresia Ateng, VP of Direct to Consumer Qoala.
“Nasabah bisa membandingkan dan mempelajari berbagai pilihan produk asuransi dengan transparan, serta menentukan mana manfaat perlindungan yang paling sesuai. Qoala.app membuat pengalaman berasuransi menjadi lebih mudah, cepat, tepat dan tanpa proses yang panjang dan rumit,” tambah Theresia.
Lebih lanjut, Theresia mengungkapkan empat alasan mengapa milenial juga sebaiknya memiliki asuransi:
1. Meminimalisir risiko yang terjadi
Bagi para milenial, apalagi mereka yang telah memulai keluarga muda, asuransi merupakan aspek penting dalam manajemen risiko dan keuangan keluarga.
Sebagai contoh, biaya pengobatan yang mahal dan risiko kehilangan tulang punggung keluarga dapat berdampak signifikan bagi keuangan keluarga, apalagi bagi keluarga muda yang masih merintis.
2. Melindungi aset berharga
Tidak hanya melindungi kesehatan, para milenial pun perlu memproteksi aset berharga yang mampu menunjang produktivitas sehari-hari, seperti kendaraan atau smartphone.
Kerusakan pada smartphone atau kendaraan tentunya akan berdampak pada banyak aspek dalam kehidupan milenial dan biaya perbaikan atau penggantian pun bisa sangat mahal.
Dengan asuransi, biaya perbaikan atau penggantian atas kerusakan yang terjadi pada aset-aset tersebut dapat diminimalisir.
Baca Juga: Ini Link dan Cara Pendaftaran Jadi Mitra Merchant di ShopeeFood
3. Asuransi bukan hal yang rumit
Dengan adanya digitalisasi di industri asuransi, produk asuransi mulai banyak yang tersedia secara online dan dapat diakses dengan lebih mudah.
Dengan demikian, calon nasabah bisa secara independen membandingkan dan mempelajari dengan transparan berbagai pilihan produk asuransi dan menentukan sendiri mana yang manfaat perlindungannya paling sesuai untuknya.
Dengan adanya proses yang lebih transparan dalam berasuransi, potensi konflik di masa depan (misalkan pada saat klaim) karena kesalahpahaman dalam mengerti manfaat produk, dapat diminimalisir.
Selain itu, proses digital memungkinan berasuransi menjadi lebih mudah, cepat, tepat, dan tanpa proses yang panjang dan rumit.
4. Lebih hemat dengan menggunakan promo
Di era sekarang ini, asuransi bukan lagi produk yang mahal. Seperti yang ditawarkan Qoala.app dalam program ShopeePay Super Online Deals, nasabah bisa mendapatkan cashback hingga 100%.
Untuk mendapatkan cashback, nasabah hanya perlu memilih metode pembayaran ShopeePay saat akan melakukan pembayaran di www.qoala.app selama periode promo berlangsung.
Cashback akan secara langsung didapatkan secara instan setelah pembayaran berhasil dilakukan.
"Kerja sama dengan Shopeepay merupakan bentuk dukungan Qoala.app mendorong transaksi digital dan non-tunai, khususnya dalam industri asuransi. Dengan adanya kerja sama ini, Qoala berharap agar kenyamanan dalam bertransaksi dan melakukan pembayaran asuransi dapat semakin dirasakan oleh lebih banyak nasabah," pungkas Theresia.
Baca Juga: Semakin Ganas, Serangan Ransomware Kini Menyerang Anak Perusahaan AXA
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR