PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) membekali aplikasi digital banking OCTO Mobile dengan berbagai fitur guna melayani kebutuhan nasabah dalam berbagai kondisi, termasuk di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Salah satu fitur yang ditawarkan adalah pembayaran dengan Scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)
QRIS sendiri merupakan standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang mengusung 5 keunggulan (Universal, Gampang, Untung, Langsung) bagi merchant dan konsumen.
Fitur pembayaran Scan QRIS pada OCTO Mobile dapat digunakan nasaba di semua merchant berlogo QRIS. Melalui fitur tersebut aktivitas belanja menjadi lebih sehat dan aman karena dilakukan secara nontunai dan tanpa kontak fisik.
Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi mengatakan, CIMB Niaga menghimbau agar masyarakat yang berkegiatan di luar rumah, termasuk berbelanja kebutuhan pokok, tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat, sehingga dapat terhindar dari paparan COVID-19.
“Agar aktivitas belanja lebih efektif, nasabah juga perlu fokus dalam memilih barang sesuai daftar yang telah disiapkan. Lalu, gunakan metode pembayaran yang sehat dan aman yaitu Scan QRIS OCTO Mobile dari handphone tanpa perlu bersentuhan dengan benda lain,” kata Bambang.
Menurut Bambang, transaksi menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Di antaranya transaksi menjadi lebih cepat, tidak perlu membawa uang tunai, serta aman karena semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) QRIS memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia.
Kelebihan lainnya tentu saja penawaran menarik. Bambang menjelaskan, transaksi menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile juga menguntungkan, karena tersedia beragam penawaran menarik.
Saat ini, pengguna dapat menikmati cashback 20% di berbagai merchant yang telah bekerjasama, di antaranya Ranch Market dan Farmers Market yang memberikan cashback sebesar 20% (maksimum Rp20 ribu) per transaksi, serta LOTTE Mart dan All Fresh (maksimum Rp15 ribu) per transaksi.
Setiap pengguna bisa mendapatkan maksimum 1 kali cashback per hari atau 2 kali cashback per bulan selama periode berlangsung. Adapun cashback akan dikreditkan secara real time atau maksimum 1x24 jam ke saldo Rekening Ponsel yang terdaftar di OCTO Mobile nasabah.
Untuk bertransaksi menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile, nasabah dapat melakukan tiga langkah. Pertama, login ke aplikasi OCTO Mobile, lalu pilih menu QR. Kedua, klik pindai/scan dan tentukan sumber dana (dengan pilihan mulai dari Kartu Kredit, Rekening Tabungan, Rekening Ponsel, atau Poin Xtra). Ketiga, melakukan konfirmasi pembayaran dan masukkan PIN OCTO Mobile, maka transaksi pun berhasil.
Sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia, transaksi QRIS saat ini juga terus ditingkatkan limitnya. Pengguna OCTO Mobile dapat bertransaksi Scan QRIS di merchant hingga Rp5 juta per transaksi atau Rp25 juta per hari. Dengan kenaikan limit tersebut pengguna bisa lebih leluasa dalam berbelanja berbagai kebutuhan.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR