Blibli kembali menyelenggarakan program tahunan Blibli Partner Gathering 2021 bertajuk “Kobarkan Semangat, Bisnis Indonesia Bangkit!”. Kegiatan ini merupakan ajang pertemuan rutin Blibli dengan para mitra seller, brand, dan business partners, juga para e-commerce entrepreneurs Indonesia.
Berbagai praktisi e-commerce juga hadir memberikan insight tentang tren terkini di dunia ritel online, pemaparan mengenai inovasi dan perkembangan teknologi di platform Blibli. Ajang pertemuan ini bisa dibilang sebagai persiapan untuk meningkatkan penjualan secara signifikan di festival belanja Online Nasional melalui rangkaian program Harbolnas Blibli mendatang.
Kusumo Martanto (CEO dan Co-Founder Blibli) mengungkapkan, perjalanan Blibli selama satu dekade tidak terlepas dari dukungan mitra seller, brand, dan business partner. Kusumo menyebut bahwa kemajuan yang dicapai Blibli terjadi berkat adanya kesamaan semangat, yaitu trust dan kegigihan, yang selaras dengan tiga prinsip utama Blibli, yaitu kualitas layanan, inovasi, dan kolaborasi.
Blibli Partner Gathering 2021 mengupas beragam topik, mulai dari tren belanja konsumen pasca post-normal hingga potensi kolaborasi seller UMKM. Talent digital Blibli juga turut meramaikan dengan memberikan pemaparan tentang cara memaksimalkan potensi bisnis mitra, meningkatkan loyalitas konsumen dengan memanfaatkan inovasi terdepan Blibli, mempelajari algoritma sistem rekomendasi, hingga persiapan meningkatkan penjualan melalui berbagai inisiatif untuk mempertahankan kepuasan pelanggan.
“Potensi e-commerce yang semakin menggeliat memotivasi Blibli bersama dengan para mitra seller, brand, dan bisnis terus mewujudkan komitmen Customer Satisfaction First, melalui berbagai fitur dan solusi inovatif yang menghadirkan produk orisinil, stabilitas ketersediaan barang, pelayanan cepat bagi pelanggan, dan opsi pembayaran yang aman dan lengkap,” lanjut Kusumo.
Sepanjang tahun lalu, Blibli telah meluncurkan sejumlah program inovatif untuk membantu para e-commerce entrepreneurs dalam mempertahankan bisnisnya seperti New Seller Campaign, program onboarding dengan insentif modal promosi sebesar Rp5,6 juta untuk Bliklan Credit dan Seller Voucher.
Blibli juga menyediakan real-time analytics di Blibli Seller Center (BSC), yang memudahkan para mitra seller dan brand untuk mengatur dan mengoperasikan toko kapan saja, di mana saja.
Pendampingan dan pemberdayaan mitra seller juga menjadi satu bagian yang Blibli jalankan. Untuk itu, Blibli memiliki Seller Care dan Seller Tutor yang siap sedia. Lebih lanjut, Blibli juga mengadakan Blibli Seller Coach secara berkala untuk membagikan ilmu berjualan secara gratis kepada para mitra seller. Khusus untuk seller UMKM, tersedia program Kakak Asuh UMKM yang bekerja sama dengan pemerintah.
Ketika mitra seller dan brand ingin memperluas jangkauan pelanggannya, Blibli menyediakan fasilitas Fulfillment by Blibli untuk penyimpanan dan pengiriman produk di warehouse Blibli. Mitra seller juga bisa memanfaatkan solusi omnichannel Blibli Mitra untuk menjangkau pelanggan tingkat mikro, dan bahkan ekspor ke negara tetangga melalui kerja sama Blibli dengan Youbeli, marketplace dari Malaysia.
Blibli juga mendorong Mitra Sellers dan Brand Partners meningkatkan jenis toko menjadi Official Store untuk memperdalam kepercayaan pelanggan hingga meraih potensi bisnis lebih maksimal. Kusumo menambahkan, Blibli saat ini juga sedang mempersiapkan fasilitas Seller Wallet yang akan membantu mitra seller dalam hal skema pembayaran.
Penulis | : | Indah PM |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR