OYO dan Microsoft baru-baru ini mengumumkan kerja sama strategis kedua perusahaan untuk mengembangkan teknologi di industri pariwisata dan perhotelan masa depan.
Diketahui, OYO akan mengadopsi layanan cloud computing Microsoft Azure sebagai kunci untuk mendorong inovasi berbasis cloud dan merevolusi industri perhotelan dan industri pariwisata berbasis teknologi.
Dengan solusi ini, OYO akan memperluas dampak positif kepada pada bisnis hotel kecil dan menengah di seluruh dunia.
Sejalan dengan komitmen jangka panjang Microsoft atas kemitraan strategis keduanya. Microsoft juga akan berinvestasi di OYO dalam bentuk ekuitas.
Abhinav Sinha, Global COO & Chief Product Officer - OYO Hotels & Homes mengatakan “Kami sangat senang dapat berinovasi bersama-sama dengan Microsoft, memimpin kemajuan teknologi masa depan untuk hotel kecil dan menengah, serta terus meningkatkan pengalaman menginap bagi para traveler.
“Selama beberapa tahun terakhir, kami telah mengembangkan ekosistem aplikasi partner kami dengan lebih dari 50 aplikasi dan lebih dari 500 layanan. Ekosistem ini dapat memberikan peningkatan pendapatan hingga 2 kali lipat untuk mitra properti baru yang bergabung dengan jaringan OYO. Kami melakukan ini melalui produk kami, aplikasi Machine Learning (ML) dan Artificial Intelligence (AI), yang dapat menjalankan jutaan optimasi harga per hari untuk meningkatkan pendapatan atau memungkinkan pengguna untuk memesan OYO dalam hitungan detik,” tutur Abhinav.
“Kami berharap aliansi OYO dengan Microsoft akan membantu memberikan kekuatan teknologi pada usaha kecil, bahkan di sudut-sudut terpencil di dunia. Komitmen Microsoft juga dipertegas melalui investasi mereka dalam bentuk ekuitas. Melalui kolaborasi ini, hotel-hotel di jaringan kami akan mendapat manfaat dari menjadi bagian dari sistem yang terintegrasi, dengan akses ke teknologi teranyar untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan. Bagi para pelanggan, kerja sama ini akan mendukung pengalaman menginap yang lebih terpersonalisasi dan berbeda,” Tambah Abhinav.
Lebih lanjut, sebagai bagian dari aliansi ini, OYO akan mengembangkan pengalaman Smart Room untuk para traveler di platform OYO, contohnya seperti pengalaman kontrol suara dalam kamar yang premium dan terpersonalisasi.
Menggunakan layanan Microsoft Speech dan AI, pengalaman tersebut juga akan mencakup check-in mandiri yang didukung oleh sistem kedatangan dan keberangkatan digital, sistem identifikasi Know-Your-Customer (KYC) mandiri, serta smart key untuk ruangan hotel yang dikelola menggunakan Internet of Things (IoT) 2, dan asisten virtual.
“Kami menyadari pandemi telah menyebabkan perubahan besar dalam perilaku pelanggan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kini tamu kami lebih dekat dengan layanan berbasis digital, mereka mencari fleksibilitas, pemesanan dan pelayanan yang lebih cepat. OYO melihat bahwa perubahan tersebut harus cepat diadopsi oleh pengusaha lokal dengan cepat,” jelas Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Indonesia.
“Dengan adanya kerja sama antara OYO dengan Microsoft, mitra hotel kami di Indonesia bisa mengakses teknologi terdepan untuk meningkatkan pelayanan terhadap tamu, serta pengelolaan operasional dan pendapatan yang lebih baik. Salah satunya melalui teknologi berbasi cloud yang difasilitasi Microsoft Azure yang didukung keamanan dan skalabilitas tingkat tinggi,” tambah Agus.
“Menggabungkan kekuatan platform Azure dengan berbagai teknologi dan produk yang telah dikembangkan oleh OYO, kami berharap dapat mempercepat inovasi dalam industri perjalanan dan perhotelan,” ungkap Anant Maheshwari, President Microsoft India.
“Sangat menginspirasi melihat bagaimana sistem cloud Microsoft dapat memberdayakan digital natives seperti OYO untuk mempercepat transformasi dan inovasi industri mereka, mengubah tantangan pandemi menjadi peluang di masa depan,” tambah Anant.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR