Mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih, Danone memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence, yaitu chatbot, dalam kampanye produk AQUA.
Menurut Harvard Health, orang sehat membutuhkan antara empat hingga enam gelas air per hari, atau sekitar 1,5 liter. Sementara hasil penelitian internal yang dilakukan Danone menunjukkan bahwa empat dari sepuluh orang minum kurang dari satu liter air per hari. Angka tersebut tentu masih jauh di bawah asupan minimum yang direkomendasikan.
Dilatarbelakangi fakta ini, Danone merasa perlu mendorong masyarakat agar tetap terhidrasi. Apalagi saat situasi pandemi global masih mengancam kesehatan masyarakat Indonesia.
Begini contoh penerapan teknologi Artificial Intelligence dalam kampanye digital untuk mendorong konsumsi air putih oleh masyarakat.
Fokus pada Pemasaran via Seluler
Langkah yang dilakukan Danone adalah melakukan kampanye untuk mendorong masyarakat lebih banyak mengonsumsi air putih.
Dalam kampanye ini, Danone menentukan untuk fokus pada empat kategori audiens yang berbeda: ibu, ayah, remaja, dan dewasa muda. Kemudian Danone memperoleh wawasan demografis audiens dari platform manajemen data GroupM. Memiliki wawasan atau insight tentang audiens memungkinkan Danone mempelajari lebih lanjut gaya hidup dan kebiasaan seluler audiensnya.
Mengapa seluler? Menurut data, 97 persen pengguna Internet di Indonesia mengakses web melalui ponsel mereka. Oleh karena itu, Danone melihat peluang terbaik untuk menjangkau target audience-nya adalah melalui pemasaran seluler.
Chatbot Bantu Tingkatkan Konversi
Danone menggandeng Xaxis dan Wavemaker Indonesia untuk membuat kampanye produk AQUA yang didukung teknologi chatbot. Fungsi chatbot eksklusif seluler ini adalah memungkinkan pengguna berinteraksi dengan brand ambassador AQUA, yaitu Hamish dan Raisa, dalam format percakapan. Pasangan suami istri ini adalah pasangan influencer Indonesia terkemuka dengan gabungan lebih dari 25 juta pengikut Instagram. Setelah interaksi obrolan dengan Hamish dan Raisa, pengguna memiliki opsi untuk berlangganan pengingat kalender sepanjang tahun yang akan mengingatkan mereka untuk minum air empat kali sehari.
Kampanye interaktif yang berlangsung sepanjang bulan November hingga Desember 2020 ini menghasilkan lebih dari 13 juta tayangan dan menjangkau lebih dari 7 juta pengguna unik. Kampanye berhasil mencapai tingkat konversi sebesar 3 persen atau tiga kali lebih tinggi dari proyeksi rasio konversi Danone.
Secara keseluruhan, lebih dari 433.000 orang mengklik ajakan bertindak dalam kampanye. Selanjutnya, studi peningkatan merek oleh Xaxis menunjukkan bahwa 30 persen orang yang melihat iklan tersebut bermaksud untuk meningkatkan asupan air mereka.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR