Mendapatkan e-mail melalui antarmuka web mungkin nyaman, tetapi sayangnya para pelaku kejahatan siber mengincar kotak pesan masuk perusahaan, dan suatu hari mereka mungkin mengunjungi Anda.
Jika seseorang mendapatkan akses ke pesan masuk email Anda, salah satu konsekuensi yang mungkin terjadi adalah serangan BEC (Business Email Compromise), dalam hal ini korespondensi Anda dapat berkontribusi besar terhadap keberhasilannya.
Tentu saja, perangkat lunak keamanan membantu meminimalisir risiko, tetapi siapa pun dapat terjerumus ke dalam phishing, sehingga penting untuk menghindari potensi kerusakan dengan cara menghapus pesan sensitif untuk berjaga-jaga.
Berikut tips dari Kaspersky untuk menyeleksi pesan sensitif mana saja yang sebaiknya dihapus dari kotak masuk email:
Data otentikasi
Sebagian besar layanan modern menghindari pengiriman kata sandi sementara, alih-alih menyediakan tautan unik ke antarmuka perubahan kata sandi. Mengirim kata sandi melalui email yang tidak terenkripsi adalah ide yang buruk. Tetapi beberapa perusahaan masih mengirim kata sandi melalui email. Selain itu, bahkan karyawan terkadang mengirim kata sandi, login, dan jawaban mereka sendiri atas pertanyaan rahasia.
Pesan-pesan tersebut persis seperti apa yang dicari oleh para penyerang: Dengan akses ke sumber daya perusahaan, mereka bisa mendapatkan informasi tambahan untuk manipulasi rekayasa sosial dan meluncurkan serangan lebih lanjut.
Notifikasi layanan online
Kita pasti pernah memperoleh segala bentuk pemberitahuan dari layanan online: konfirmasi pendaftaran, tautan pengaturan ulang kata sandi, notifikasi pembaruan kebijakan privasi. Pesan itu sendiri mungkin tidak menarik bagi siapa pun, tetapi itu menunjukkan layanan berlangganan Anda secara spesifik.
Dalam kebanyakan kasus, pesan masuk Anda adalah kunci utama untuk semua layanan ini. Dengan mengetahui layanan apa saja yang digunakan, penyerang dapat meminta perubahan kata sandi dan masuk melalui pesan masuk Anda.
Pemindaian dokumen pribadi
Pengguna korporat (terutama mereka yang memiliki bisnis kecil) sering tergoda untuk menggunakan kotak pesan masuk mereka sebagai semacam penyimpanan file cloud, terutama jika pemindai kantor mengirimkan pindaian melalui email. Salinan paspor, ID pembayaran pajak, dan dokumen lainnya yang sering digunakan untuk keperluan rutin atau perjalanan bisnis.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR