Operator seluler Telkomsel melaporkan kenaikan trafik lalu lintas internet selama musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dibandingkan hari biasa.
Dibandingkan hari biasa, lalu lintas jaringan Internet Telkomsel naik enam persen saat malam Natal 2021 dibandingkan hari biasa atau tumbuh sekitar 22 persen dibandingkan periode Natal tahun lalu.
Sementara saat malam pergantian Tahun Baru 2022, lonjakan lalu lintas data mencapai 10 persen dibandingkan dengan hari biasa. Pertumbuhan lalu lintas internet saat malam Tahun Baru naik 20 persen jika dibandingkan Tahun Baru 2021.
Total traffic payload broadband Telkomsel selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2022 mencapai 44 Petabyte, tumbuh sekitar 20 persen dibandingkan musim libur tahun sebelumnya.
Lonjakan lalu lintas internet ini dipicu aktivitas pengguna mereka untuk layanan digital seperti e-commerce (tumbuh 20 persen), media sosial (15 persen) dan berselancar di internet (11 persen).
Aktivitas lainnya yang ikut mendukung lalu lintas internet naik adalah streaming video (13 persen), bermain game (87 persen) dan pesan instan atau konferensi video (12 persen).
Telkomsel mencatat penggunaan aplikasi, WhatsApp, Instagram, TikTok, Facebook dan YouTube tinggi selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2022. Jika dilihat per wilayah, kenaikan internet tertinggi berada di wilayah Simalungun, Sumatera Utara (36 persen); Bogor, Jawa Barat (16 persen); Deli Serdang, Sumatera Utara (15 persen); Bandung, Jawa Barat (10 persen) dan Bekasi, Jawa Barat (9 persen).
Komunikasi melalui aplikasi berbasis internet menjadi kesukaan pengguna Telkomsel selama periode liburan kemarin, lalu lintas untuk layanan suara turun sekitar 1 persen dibandingkan Natal dan Tahun Baru 2021.
Sementara untuk layanan SMS, traffic naik 11 persen. Selama Natal dan Tahun Baru 2022, Telkomsel mencatat ada 3,69 juta pelanggan yang keluar dari Pulau Jawa dan 3,61 juta pelanggan masuk Pulau Jawa.
"Telkomsel sebagai society enabler akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan dengan menghadirkan solusi digital inovatif dalam bentuk produk dan layanan yang customer-centric, serta konektivitas berteknologi terdepan yang andal dan merata, agar semakin membuka peluang lebih luas bagi seluruh masyarakat dalam mengoptimalkan berbagai potensi kemajuan," demikian Wakil Direktur Komunikasi Korporat, Telkomsel, Denny Abidin.
KOMENTAR