Di era digital ini, media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis di berbagai skala dan industri untuk memasarkan brand dan produk dengan mudah serta menjangkau dan memperluas cakupan pasar mereka.
Berbagai penelitian mengungkapkan manfaat dari kehadiran brand secara virtual. Tak mengherankan jika para pelaku usaha berbondong-bondong melakukan promosi melalui media digital dengan menggunakan berbagai platform, termasuk e-commerce, untuk mengembangkan merek usahanya.
Namun persaingan penjualan pun semakin ketat karena jumlah merek yang tengah bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen juga semakin meningkat.
“Di era yang serba modern ini, rekam digital menjadi sangat penting bagi keberlangsungan dan masa depan sebuah usaha. Kehadiran media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce memberikan peluang besar dan wadah bagi para pemain bisnis untuk memperkenalkan dan mengembangkan usaha mereka,” ujar Tut Wuri Handayani, Head of Services Zilingo.
Zilingo Indonesia sendiri sebagai platform B2B dengan solusi bisnis satu atap menawarkan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya, salah satunya melalui layanan pemasaran.
Selanjutnya, Tut Wuri membagikan kiat-kiat meningkatkan performa penjualan dan membangun strategi digital yang tepat yang dapat dicoba pelaku usaha.
1. Pentingnya kesan pertama
Menurut Zilingo, pelanggan membutuhkan waktu kurang dari 50 milidetik untuk memutuskan apakah mereka menyukai halaman sebuah e-commerce. Komunikasi yang menarik secara visual sangat penting karena 80% pelanggan akan mengingat apa yang mereka lihat, dan 20% di antaranya tidak pernah melupakan apa yang mereka temukan di situs web. Foto produk yang berkualitas tinggi, konten yang relevan, dan desain situs web yang bagus dan user-friendly menjadi perpaduan elemen yang sempurna untuk membangun sebuah toko e-commerce yang menarik di tahun 2022.
2. Target audiens yang tepat dengan rekomendasi yang sesuai
Jika ingin memberikan pengalaman belanja yang baik dan lebih personal, rekomendasi produk yang relevan adalah strategi yang tepat.
Faktanya, 53% pelanggan suka melihat rekomendasi produk di situs web yang umumnya serupa dengan riwayat penelusuran mereka. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasukan daftar produk yang juga disesuaikan dengan target promosi Anda.
3. Membangun narasi yang tepat
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR