Untuk membantu organisasi dalam meningkatkan efisiensi serta nilai dari seluruh rantai pasok global mereka, Oracle telah mengumumkan kemampuan manajemen logistik baru dalam Oracle Fusion Cloud Supply Chain & Manufacturing (SCM). Pembaruan Oracle Fusion Cloud Transportation Management dan Oracle Fusion Cloud Global Trade Management dapat membantu organisasi mengurangi biaya dan risiko, serta meningkatkan pengalaman pelanggan, agar menjadi lebih mudah beradaptasi apabila terjadi gangguan bisnis.
Ketidakpastian dalam dua tahun terakhir telah menciptakan tantangan besar terkait logistik bagi organisasi karena mereka mengalami fluktuasi besar dalam penawaran dan permintaan dan gangguan besar pada jaringan distribusi mereka. Hal ini mengakibatkan meningkatnya biaya logistik dan juga berdampak pada hubungan organisasi dengan pelanggan—bahkan, survei Oracle yang dilakukan di Amerika baru-baru ini menemukan bahwa terdapat 87 persen orang telah terkena dampak negatif oleh masalah rantai pasok selama setahun terakhir.
“Western Digital memiliki beberapa lokasi manufaktur di AS dan Asia yang menangani lebih dari setengah juta pengiriman setiap tahun. Ekosistem rantai pasok kami sangat kompleks dengan beberapa pasar akhir yang masing-masing memiliki kebutuhan layanan yang unik, dan peristiwa yang mengganggu dalam dua tahun terakhir menambah kompleksitas dalam skala eksponensial,” kata Joseph Hodges, Director of Logistics Center of Excellence, Western Digital. “Dengan Oracle Transportation Management sebagai fondasi kami, kami dapat merampingkan proses logistik dan dukungan pelanggan dengan cepat hingga mencapai hasil yang signifikan—termasuk mengurangi biaya dan gangguan layanan melalui perluasan basis mitra kami, menerapkan penawaran sesuai permintaan, dan mengubah mode secara dinamis sambil beroperasi dengan 90 persen otomatisasi tanpa sentuhan pada tahun fiskal terakhir. Selain itu, kemampuan pembelajaran mesin pada Oracle Transportation Management telah membantu meningkatkan akurasi ETA dari 64 persen menjadi 93 persen, yang merupakan hasil tak ternilai dalam hal peningkatan pengalaman pelanggan.”
Oracle Transportation Management dan Oracle Global Trade Management terus berinovasi untuk membantu organisasi mengatasi tantangan manajemen logistik, meningkatkan akurasi pemesanan, mengurangi biaya logistik, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mengelola risiko yang terkait dengan perubahan yang tak terduga di seluruh rantai pasok perusahaan. Beberapa kelebihan dari inovasi Oracle yang baru yaitu:
Prediksi Waktu Transit Yang Cerdas: Algoritma pembelajaran mesin baru di Oracle Transportation Management yang akan memungkinkan pengguna untuk mengevaluasi dampak potensial dari gangguan tingkat makro (termasuk cuaca ekstrem atau penundaan di bandara) dan gangguan tingkat jaringan (seperti kekurangan tenaga kerja dan kapasitas). Hal ini dapat membantu pelanggan memprediksi waktu pengiriman dengan lebih akurat dan menurunkan biaya yang terkait dengan penundaan, pengiriman yang dipercepat, dan stok pengaman tambahan.
Peningkatan Kemampuan Pengiriman: Pemimpin rantai pasok dapat menyederhanakan dan mengotomatiskan proses transportasi untuk pengiriman. Kemampuan baru yaitu termasuk pelacakan tempat otomatis dan kemampuan untuk menggabungkan dan melacak beberapa pengiriman pada Oracle Transportation Management, dan analisis perdagangan global otomatis pada perjanjian perdagangan di Oracle Global Trade Management. Dengan mengotomatisasi dan menyederhanakan proses manual sebelumnya, kemampuan baru ini dapat membantu pelanggan mengurangi kesalahan manusia, biaya pengiriman, dan penundaan pengiriman.
Asisten Digital Dengan Multi-Bahasa: Kemampuan respons multi-bahasa real-time dalam Oracle Logistics Digital Assistant—fitur utama di Oracle Transportation Management dan Oracle Global Trade Management—memungkinkan organisasi untuk memberikan informasi yang lebih cepat dan akurat serta menstandarisasi respons terhadap pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Dengan menawarkan layanan pelanggan global berkualitas tinggi tanpa memerlukan sumber daya TI tambahan, organisasi dapat mengurangi biaya operasional dan merespons pelanggan dengan cepat, terlepas dari lokasi geografis atau bahasa.
Transportasi Tingkat Lanjut dan Analisis Perdagangan Global: Kemampuan analitik canggih yang baru memungkinkan pelanggan untuk dengan cepat mengakses, menganalisis, dan menafsirkan data transportasi dan perdagangan global yang sangat akurat. Ini membantu meningkatkan penghematan biaya, meningkatkan perencanaan logistik, dan memungkinkan pengambilan keputusan bisnis yang lebih tepat.
“Gangguan rantai pasok tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Saat organisasi meninjau strategi rantai pasok mereka, pengelolaan yang akurat dari fungsi transportasi dan pengiriman yang krusial akan terus menjadi prioritas utama,” kata Iman Muhammad, Head of Cloud Applications, Oracle Indonesia. “Kemampuan baru dalam Oracle Transportation Management dan Oracle Global Trade Management memberikan manfaat ganda, yaitu merampingkan operasi logistik dan secara bersamaan meminimalkan risiko terkait. Dengan peningkatan ini, kami berkomitmen kuat untuk terus berinovasi dan membantu pelanggan kami di Indonesia untuk menavigasi lanskap bisnis saat ini untuk terus berkembang.”
Solusi logistik Oracle, termasuk Oracle Transportation Management, Oracle Global Trade Management, dan Oracle Fusion Cloud Warehouse Management, membantu pelanggan mengelola transportasi berkelanjutan, perdagangan global, dan proses distribusi. Hasilnya, pelanggan dapat memaksimalkan pemenuhan pesanan dengan sempurna dan meminimalkan biaya logistik sambil menavigasi gangguan bisnis.
KOMENTAR