Facebook resmi meluncurkan fitur video pendek Reels di layanan Facebook secara global. Kabar ini ini disampaikan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg dalam sebuah unggahan di akun Facebook pribadinya. Facebook Reels dapat ditemukan melalui aplikasi Facebook di perangkat iOS maupun Android.
Indonesia menjadi salah satu negara yang kebagian fitur Facebook Reels. Hanya saja, belum semua pengguna Facebook sudah kebagian fitur ini. Kemungkinan, Meta akan merilisnya secara bertahap.
Di platform Android, Facebook Reels ditemukan di aplikasi Facebook versi 354.0.0.22.110. Apabila versi aplikasi yang Anda gunakan adalah versi lebih lama, cobalah lebih dulu untuk memperbarui aplikasi di Play Store.
Fitur Reels muncul di tampilan beranda (home) Facebook. Tepatnya, Facebook Reels terletak di antara tab “Stories” dan “Rooms”.
Lalu, bagaimana cara menggunakannya?
Di tab “Reels” pula, pengguna dapat melihat berbagai video Facebook Reels dari pengguna lain dengan cara menggulirkan ke atas, mirip dengan Instagram Reels.
Selain itu, pengguna dapat memberikan komentar, menyukai (like), dan berbagi video Facebook Reels.
Adapun Facebook Reels memiliki tools editing yang juga mirip dengan IG Reels. Beberapa tools tersebut adalah:
Add music (tambahkan musik): untuk menambahkan latar belakang lagu di video
Length (durasi video): memilih durasi Reels yang diinginkan. Durasi pada Facebook tersedia mulai dari 15, 30, hingga 60 detik
Speed: kecepatan video
Effects: berbagai efek untuk video Reels yang dapat dipilih pengguna
Timer: untuk mengatur durasi waktu sebelum merekam video reels
Green screen: menambahkan latar belakang gambar pada video Reels yang dibuat
Edit clip: untuk menyunting video Reels
Text: untuk menambahkan teks di Facebook Reels
Stiker: untuk menambahkan berbagai stiker dalam video Reels
Kedepannya, Facebook Reels juga menambah fitur terbarunya yaitu fitur "video clipping" yang memungkinkan kreator untuk mempublikasikan video live atau siaran langsung dengan durasi panjang.
Tak hanya itu, nantinya Facebook Reels akan menambahkan fitur monetisasi yang memungkinkan kreator mengumpulkan pundi-pundi dari dua tampilan iklan.
Iklan pertama akan disajikan dalam bentuk spanduk (banner) transparan yang terletak di bawah video Reels.
Sementara jenis kedua adalah tampilan iklan dalam bentuk stiker semi transparan yang dapat dipajang di mana saja di video Reels pengguna. Itulah cara menggunakan Facebook Reels di Android. Semoga membantu.
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Rizal |
Editor | : | Rizal |
KOMENTAR