Banyak perusahaan, layanan jasa dan e-commerce yang memberikan banjir promo selama bulan Ramadan, mengingat daya beli dan konsumsi masyarakat akan meningkat selama bulan Ramadan dan menyambut hari raya Idul Fitri.
Yudistira Adi Nugroho (Analis Industri dari Google Indonesia) mengatakan pencarian kata kunci "promosi" akan meningkat di Google seminggu sebelum Ramadan, minggu pertama Ramadan dan minggu ketiga Ramadan.
"Volume pencarian kata 'promosi' naik 40 persen lebih tinggi dibanding bulan biasanya. Mengapa masyarakat mencari promosi?, pengeluaran lebih banyak ketika Ramadan misalnya untuk takjil, membeli kosmetik, baju baru untuk diri sendiri dan saudara. Ini pengeluaran tambahan," kata Yudistira.
Hasil itu merupakan riset dari Google dan Asian Consumer Intelligence dengan mensurvei pada 500 orang responden dan mewawancarai 20 orang lainnya di Indonesia.
"Retail dan groceries, travel, gadget dan telecom. Anak-anak muda saat Ramadan ingin punya smartphone baru. Lalu promosi e-commerce dan promosi kartu kredit," papar Yudistira.
Riset itu mengungkapkan ada tiga hal yang paling banyak orang Indonesia cari lewat mesin pencari Google dalam tiga tahun terakhir.
"Tiket kereta selalu dicari sejak 2015 - 2017. Lalu Al-Qur'an karena kebiasaan orang Indonesia membaca Al-Qur'an dari handphone," ujar Ariani Dwijayanti (Analis Industri Google Indonesia)
Selain itu kata "tutorial hijab", "tiket pesawat" dan "mudik" juga menjadi kata yang dicari orang Indonesia melalui Google.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR