Lummo dinilai oleh Glints sebagai perusahaan yang paling menjunjung keberagaman bagi talenta global dan lokal untuk berinovasi mendorong kemajuan perusahaan. Sebagai startup lokal penyedia solusi layanan perangkat lunak penghubung bisnis dengan pelanggannya, Lummo berhasil membangun dan mengelola bakat talenta-talenta di perusahaan walau bekerja jarak jauh.
Lummo sendiri berhasil lolos sebagai pemenang bersama dengan GoTo Group sebagai Glints Best Employer Award kategori Diversity and Inclusion 2.0, setelah melalui penjurian melawan 100 perusahaan rintisan dari Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan. Para juri sangat terinsipasi oleh bagaimana perusahaan-perusahaan rintisan mampu menarik talenta-talenta terbaik dengan program-program peningkatan kompetensi dan kesejahteraan karyawan.
Lorenzo Peracchione, COO and Co-Founder Lummo mengatakan, “Kami memiliki misi untuk membantu para pebisnis di Indonesia mengembangkan usaha mereka dengan model D2C SaaS dengan memanfaatkan solusi teknologi di LummoSHOP. Kami merangkul talenta-talenta terbaik dunia yang dapat mendukung misi tersebut demi membangun solusi teknologi terbaik.”
LummoSHOP, salah satu produk unggulan Lummo, telah mendorong digitalisasi usaha jutaan pebisnis di Indonesia dengan membantu pelaku usaha membuat situs web resmi tokonya. Pembuatan melalui www.lummoshop.co.id membuat pelaku dapat mengelola operasional bisnisnya dengan lebih efektif, membangun relasi dan menjual langsung ke pelanggannya, serta membangun merek dan identitas unik bisnis onlinenya.
Cindy Sutjiadi, VP of People and Culture Lummo menambahkan, “Lummo terbuka untuk perekrutan talenta terbaik di seluruh dunia dengan keterampilan yang spesifik untuk bergabung mendukung visi dan misi perusahaan. Contohnya, kami merekrut Head of Data dari Eropa, Engineering dari India, Product dari Indonesia, dan tentunya mereka semua memiliki pengalaman terbaik di bidang teknologi khususnya SaaS. Sistem bekerja jarak jauh memungkinkan kami bekerja walau di zona waktu yang berbeda.”
Lummo menerapkan kebijakan-kebijakan untuk menarik talenta di seluruh dunia seperti penerapan kerja jarak jauh, bantuan relokasi untuk bekerja di Indonesia, Singapura, Eropa, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan lainnya.
Perusahaan juga menyediakan layanan konseling bersama profesional untuk mendukung kesehatan mental karyawan, tambahan cuti dan hari libur, kelas bahasa Indonesia dan bahasa Inggris gratis untuk karyawan, pelatihan untuk peningkatan kapasitas karyawan. Tim People juga mengadakan aktivitas rutin yang melibatkan kebersamaan karyawan seperti game night, quiz days, movie screening night, fitness challenges (atau lebih dikenal dengan Healthy Hustle), samapi meme wars.
Saat ini Lummo memiliki lebih dari 400 karyawan yang tersebar di 12 negara. Walaupun termasuk dalam industri yang didominasi oleh laki-laki, rasio karyawan perempuan dan laki-laki di Lummo tergolong berimbang dengan rasio 45:55 per Februari 2022. Lummo mengedepankan prinsip-prinsip anti diskriminasi dan menghargai berbagai perspektif dan ide demi pengembangan dan inovasi teknologi D2C SaaS.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR