Saat ini aplikasi bahasa Duolingo telah memasuki usianya yang ke-10 tahun dan memiliki 500 juta pengguna, serta 41 bahasa untuk dipelajari. Pada tahun 2022, Duolingo menawarkan lebih dari 100 total kursus untuk 41 bahasa yang berbeda, mulai dari Spanyol, Prancis, Jerman, dan Jepang hingga Navajo dan Yiddish. Bahkan ada bahasa buatan atau fiksi, seperti Klingon dan High Valyrian.
"10 tahun adalah pencapaian besar bagi Duolingo. Sebagai salah satu pangsa pasar internasional utama kami, pengguna aktif bulanan di Indonesia meningkat sebesar 40% YoY pada Januari 2022 dengan rata-rata waktu tertinggi yang dihabiskan dalam menggunakan aplikasi, yaitu 19,5 menit sehari. Sekarang, Duolingo juga telah digunakan sebagai standar tes kecakapan bahasa Inggris untuk persyaratan pendidikan di Indonesia," kata Haina Xiang, Marketing Director of APAC, Duolingo.
Menurut data Duolingo, alasan utama mengapa orang Indonesia suka belajar melalui aplikasi adalah karena menurut mereka Duolingo dapat menunjang kebutuhan sekolah, pekerjaan, atau untuk membantu menyegarkan ingatan mereka tentang kosakata bahasa lain. Mereka percaya bahwa aplikasi pembelajaran bahasa dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa mereka.
Belajar bahasa juga dapat membangun fondasi pengetahuan yang kuat yang dapat memberi mereka kesempatan yang lebih baik untuk masa depan.
Kehadiran Duolingo membantu pengguna untuk mendapatkan semua konten yang diperlukan dalam genggaman tangan. Transfer pengetahuan baru dalam bentuk gamifikasi pembelajaran multimedia interaktif ini juga memungkinkan untuk menjelaskan berbagai topik dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, dapat membawa aspek positif lain bagi pengembangan diri pengguna.
Salah satu keputusan terbaik yang pernah dibuat Duolingo adalah memberikan produk secara gratis, sehingga mendukung perusahaan untuk berkembang dengan pesat dan berhasil memiliki total 500 Juta pengguna pada tahun 2022. Duolingo menjaga semua kursusnya tetap gratis. CEO dan salah satu pendiri, Luis von Ahn, menggambarkan misi Duolingo untuk "mengembangkan pendidikan terbaik di dunia dan membuatnya tersedia secara universal".
Dalam merayakan ulang tahunnya yang ke-10, Duolingo meluncurkan "desain ulang terbesar yang pernah ada" untuk mendesain kurikulum pembelajarannya, yang bertujuan untuk membuatnya lebih mudah dan bahkan lebih bermanfaat.
Perubahan ini terdiri dari desain antarmuka pengguna yang efisien, instruksi yang lebih jelas untuk memandu pengguna, beranda baru yang juga mendapatkan tampilan baru, serta penambahan fitur seperti Stories sehingga pengguna dapat membaca dan mendengarkan secara bersamaan.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR