Di era serba digital seperti sekarang, tak dimungkiri media sosial sudah menjadi teman akrab dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai sumber inspirasi, maupun sarana untuk mengungkapkan ekspresi kreatif dan berbagi informasi. Sayangnya, proses penyebaran informasi secara akurat tidak berjalan dengan lancar, mengingat banyak kasus misinformasi yang masih menghantui masyarakat.
Berdasarkan siaran pers yang dibagikan oleh Kementrian Kominfo tahun 2021, terdapat 1.773 isu hoaks yang ditemukan di berbagai platform media sosial di Indonesia sepanjang tahun 2021. Hal ini menunjukkan bagaimana literasi digital dalam bermedia sosial masih perlu ditingkatkan.
Sebagai platform media sosial terintegrasi, Helo berkolaborasi dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) sejak 2021 untuk terus meningkatkan literasi digital, termasuk mengedukasi bagaimana warga digital bisa menjadi lebih bijak dalam menggunakan media sosial.
Kolaborasi ini turut merangkum tips yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk menjaga agar lingkungan media sosialnya tetap aman dan sehat. Berikut ini tipsnya:
Banyaknya informasi yang beredar di media sosial yang dibagikan secara real time kadang membuat pengguna bingung apakah informasi itu benar dan bisa dibagikan ke pengguna lain. Pengguna pun didorong untuk semakin berhati-hati dalam menyebarkan informasi, khususnya jika informasi tersebut tidak berasal dari sumber yang kredibel dan akurat.
Untuk menghindari hal ini, MAFINDO turut membagikan tips dalam menghadapi berita yang kebenarannya masih perlu dipastikan lebih lanjut. “Menghindari dan menghadapi beredarnya hoaks bisa dilakukan dengan sederhana. Dimulai dengan membaca berita secara menyeluruh, mencari sumber berita, menahan diri untuk menyebarkan berita yang meragukan, serta menelaah manfaat penyebaran informasi tersebut ke orang lain,” tutur Aribowo Sasmito, selaku Co-Founder dan Fast-Checking Specialist MAFINDO.
Cara mudah lainnya adalah dengan memastikan bahwa akun yang kita ikuti untuk mendapatkan informasi adalah akun yang kredibel atau resmi, misalnya akun media massa yang sudah bercentang biru di platform Helo ataupun akun-akun resmi dari pemerintah dan organisasi. Akun-akun ini akan berguna saat kita hendak melakukan cek fakta atau memverifikasi kebenaran informasi yang beredar, sebelum membagikan ke orang lain.
Memperkaya pengetahuan juga bisa dilakukan dengan ikut serta dalam diskusi bersama orang-orang dengan minat yang sama. Mendapatkan pandangan dari berbagai sisi bisa membantu kita melihat suatu topik dari sudut pandang yang lebih luas, dan bisa menimbulkan lebih banyak ketertarikan terhadap topik tertentu.
Hal ini bisa dilakukan dengan melihat topik yang sedang trending, seperti fitur Tren Helo yang ada di Helo. Pengguna Helo juga bisa berdiskusi dengan para ahli mengenai berbagai topik di Helo, melalui program #CariSolusiDiHelo dan melakukan tanya jawab dengan para ahli, mulai dari topik mengenai parenting, kesehatan mental, hingga psikologi.
Untuk menekan angka misinformasi, pengguna juga bisa ikut membagikan konten yang bisa bermanfaat bagi orang lain, sesederhana informasi soal kemacetan atau kondisi jalanan, atau bahkan suatu peristiwa khusus yang terjadi di sekitar kamu. Tapi, sebelum berbagi di platform akun media sosial, pastikan dulu keakuratan informasi tersebut sebelum menekan tombol "unggah".
Helo memiliki tantangan #AdaApaHariIni, untuk mendorong penggunanya turut membagikan informasi bermanfaat di sekitar mereka, baik itu informasi tentang restoran dan tempat umum di wilayah mereka, ataupun kegiatan dan acara penting yang sedang berlangsung di sekitarnya.
“Sebagai platform digital yang mendorong terjadinya diskusi dan kreasi konten antar pengguna, Helo ingin terus bisa memberikan informasi dan inspirasi yang kredibel, menyampaikan pendapat dan opini dalam komunitas, sekaligus mengajak pengguna untuk tetep bijak dalam berkreasi sambil menciptakan lingkungan media sosial yang cerdas dan sehat," ujar Country Head of Operations Helo Indonesia, Indira Melik.
Program #AdaApaHariIni hadir untuk mendorong pengguna Helo membagikan informasi dan momen kehidupan terkini secara akurat tapi juga menghibur. Helo menyediakan berbagai hadiah menarik untuk pengguna yang mengikuti program ini, antara lain Xiaomi Redmi 10C, Rice Cooker Philips, dan Huawei Band 6 Smartwatch selama periode event berlangsung di tanggal 16-29 Juni 2022.
KOMENTAR