CEO Meta Platform, Inc., Mark Zuckerberg, pada akhir tahun lalu mengumumkan bahwa Meta akan berinvestasi hingga lebih dari US$1 miliar untuk para kreator di seluruh dunia. Investasi ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada kreator, serta upaya membangun platform terbaik bagi jutaan kreator dalam memperoleh kesuksesan jangka panjang.
Menindaklanjuti rencana tersebut, Instagram meluncurkan program edukasi untuk para kreator komedi di Indonesia. Program bertajuk #TawaDiReels ini diformulasikan untuk menemukan dan mengangkat talenta-talenta komedi baru dari seluruh Indonesia, serta membantu mereka menggapai audiensi yang lebih besar melalui fitur Reels di Instagram.
Pada peluncuran perdana ini, Instagram bekerja sama dengan program Stand-Up Comedian Indonesia X (SUCI X) KompasTV.
Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Konten Hiburan untuk Meta di Indonesia mengungkapkan bahwa Reels telah menjadi tempat favorit masyarakat Indonesia untuk menemukan konten-konten yang kreatif, orisinil, dan menghibur.
“Sejak diluncurkan di Indonesia tahun lalu, kami melihat Reels mendorong munculnya komedian-komedian muda yang lihai dalam memanfaatkan format video pendek di Instagram untuk menyajikan kisah-kisah jenaka yang dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Kami berharap, program ini dan kerja sama kami dengan SUCI X bisa mengangkat lebih banyak lagi talenta dari seluruh pelosok Indonesia,” tutur Revie melalui keterangan tertulis kepada InfoKomputer, Jumat (24/6).
Pada keterangan yang sama, Fina Merliane, Executive Producer SUCI X KompasTV mengatakan bahwa Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) merupakan pelopor ajang kompetisi stand-up comedy di Indonesia yang sudah melahirkan banyak komedian ternama. Tak hanya itu, SUCI juga menjadi tolak ukur pencapaian karier tertinggi bagi para stand-up comedian di Indonesia.
“Tahun 2022 merupakan momen bersejarah di mana SUCI tepat menginjak usia 1 dekade. Di musim ke-10 ini, kami ingin membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia untuk menunjukkan kemampuan stand-up-nya. Kami percaya masih banyak representasi komika dari pelosok nusantara yang belum dapat menunjukkan bakat istimewanya dikarenakan berbagai faktor,” tutur Fina.
Program #TawaDiReels SUCI X ini terdiri dari pelatihan intensif, serta rangkaian aktivitas digital di Reels yang tidak hanya bisa diikuti oleh kontestan SUCI X, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Program kolaboratif tersebut antara lain:
Salah satu Juri Audisi SUCI X Reels, David Nurbianto, menerangkan bahwa dengan adanya Audisi SUCI X via Reels membuka peluang masuknya konten kreator komedi ke ranah yang lebih spesifik, yaitu seni Stand Up Comedy yang kita tahu telah melahirkan banyak komika hebat.
Saat ini, audisi online SUCI X di Reels sedang berlangsung sampai 20 Juli mendatang. Cara mengikuti audisi daring ini sangat mudah yaitu unggah konten stand-up comedy orisinil dengan durasi maksimal 90 detik melalui fitur Reels di Instagram pribadi (pastikan akun tidak terkunci). Selanjutnya tag @sucikompastv serta tambahkan hashtag #AudisiSUCIXdiReels #SUCIXTemanTertawa #TawaDiReels.
Nantinya, sebanyak 10 peserta dengan konten terlucu berhak memenangkan hadiah total senilai 30 juta rupiah dan 3 peserta terbaik akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Audisi Utama pada akhir Juli 2022. Selain dilakukan secara daring, audisi SUCI X juga berjalan di kota-kota besar yaitu Jakarta, Yogyakarta, Banjarmasin, Bali, Surabaya, Palembang, dan Semarang.
KOMENTAR