Transisi penanganan COVID-19 dari pandemi menjadi endemi, membawa harapan baru bagi sektor pariwisata Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut, ELSA (English Learning Speech Assistant) Speak, salah satu platform pelatihan bahasa Inggris kelas dunia yang menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan pengenalan suara (speech recognition), ikut berkontribusi melalui kerja sama dengan hotel dan lembaga pelatihan hospitality di Indonesia.
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, ada sekitar 409 ribu tenaga kerja di sektor pariwisata kehilangan pekerjaan akibat pandemi COVID-19. Untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) aktif mengembangkan inovasi strategi pembangunan dan pengembangan, baik dari sisi sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia untuk keberlangsungan industri kepariwisataan.
Untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata melalui pendidikan dan pelatihan SDM, ELSA Speak berkolaborasi dengan beberapa hotel di Indonesia, seperti Avenze Hotel, dan Vasa Hotel Surabaya serta lembaga pelatihan hospitality terkemuka, yaitu Bina Mutu Bangsa.
“Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Oleh karena itu, untuk pemulihan sektor pariwisata membutuhkan persiapan yang sangat matang, termasuk kesiapan SDM pariwisata sebagai penggerak. Dengan demikian, langkah strategis kami melalui pelatihan dan pendidikan bahasa Inggris kepada SDM pariwisata dilakukan sebagai bentuk upaya kami dalam mendukung kemajuan pariwisata di Indonesia,” ujar Yasser Muhammad Syaiful, selaku Country Manager ELSA Speak Indonesia
Tak dimungkiri, bahasa Inggris merupakan bahasa yang universal yang dapat digunakan untuk memajukan pariwisata di Indonesia. Komitmen ELSA Speak untuk berkolaborasi kepada pelaku pariwisata seperti hotel dan pelatihan hospitality diharapkan mampu meningkatkan potensi terbaik pariwisata Indonesia sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan perekonomian negara.
ELSA Speak akan berfokus dalam membantu perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri hospitality untuk peningkatan kualitas SDM, melalui pelatihan bahasa Inggris secara modern dengan membuat personalisasi pembelajaran bagi setiap SDM.
Dengan fitur pengenalan suara dan kecerdasan buatan yang dimiliki ELSA, karyawan dapat berlatih dan berkomunikasi setiap hari. Selain itu, pemimpin SDM juga dapat memantau secara langsung peningkatan setiap SDM dengan menggunakan dashboard ELSA Speak secara komprehensif agar investasi dalam pelatihan memiliki hasil yang baik dan terukur.
KOMENTAR