Schneider Electric berbagi pandangan terkait peluang dan tantangan industri otomotif masa depan yang akan bergerak dari produsen mobil menjadi penyedia layanan e-Mobility; dan bagaimana infrastruktur TI berbasis edge data center akan menjadi kebutuhan krusial bagi kendaraan pintar untuk menngakomodasi konektivitas dan pengelolaan data yang andal dan tanpa latensi.
McKinsey & Company memperkirakan hampir 100 juta barisan kode perangkat lunak dibutuhkan untuk mengontrol dan mengoperasikan subsistem yang membentuk mobil modern.
Pada tahun 2030 perangkat lunak itu akan mewakili hingga 30% dari komponen nilai kendaraan. Hal ini juga berarti mobil akan menjadi pusat data di atas roda, dan seperti halnya pusat data, maka komunikasi dan konektivitas adalah kunci untuk memastikan pengoperasian mobil selalu tersedia, aman, dan dapat diandalkan.
Dalam transisi industri otomotif dari peran konvensional sebagai produsen mobil menjadi penyedia layanan mobilitas (e-Mobility) maka hal ini akan mendorong pendekatan lain terhadap model bisnis dan sistem TI yang mendukungnya.
Faktanya, tren teknologi seperti konektivitas yang canggih dan big data menciptakan peluang dan risiko baru:
“Edge computing dapat menjadi solusi bagi pelaku industri otomotif untuk menjawab tantangan latensi, bandwith dan otonomi serta persyaratan peraturan dan keamanan, yang menjadi halangan untuk mencapai potensi data sepenuhnya. Dengan memberdayakan Industrial edge pelaku industri otomotif dapat memanfaatkan data mereka secara real-time, dan memberikan keunggulan kompetitif yang sangat dibutuhkan masa kini.” kata Yana Achmad Haikal, Business Vice President Secure Power Schneider Electric Indonesia & Timor Leste.
Perubahan masif di sektor otomotif seperti e-mobility dan self-driving menuntut kebutuhan akan solusi infrastruktur TI yang terintegrasi secara keseluruhan.
Infrastruktur ini mencakup aset yang dapat dengan mudah dikembangkan (scalable) dengan kemampuan komputasi dan solusi edge yang menyediakan pemrosesan data tanpa latensi, dan software analitik berbasis cloud untuk memaksimalkan profitabilitas.
Teknologi digital dan otomasi akan meningkatkan visibilitas untuk membangun jaringan dan memunculkan potensi layanan konsultasi dan layanan pemeliharaan prediktif dari jarak jauh yang mendorong performa dan meningkatkan keselamatan.
“Schneider Electric memiliki solusi yang dapat mendukung pemangku kepentingan industri otomotif menyesuaikan diri dengan model bisnis e-Mobility. Infrastruktur TI yang terstandarisasi dan terukur dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan data dan keputusan bisnis berbasis data. Dibutuhkan perangkat berbasis cloud yang aman dalam menyediakan pemantauan jarak jauh untuk mengelola perangkat komputasi dan penyimpanan yang menampung dan memproses data yang diproduksi secara lokal di edge, di mana keahlian teknis di tempat tidak tersedia,” jelas Yana.
Menurut Yana, perangkat lunak seperti EcoStruxure IT Expert (memungkinkan pengelolaan perangkat TI dari jarak jauh) dan EcoStruxure IT Advisor, yang memungkinkan pengelolaan siklus hidup pusat data yang lebih mudah (termasuk perencanaan, dan manajemen perubahan) dapat menawarkan dukungan berbasis cloud yang diperlukan industri otomotif agar semakin kompetitif di era e-Mobility.
“Solusi EcoStruxure seperti EcoStruxure IT Expert dan EcoStruxure IT Advisor Arsitektur infrastruktur TI yang terukur dan modular memastikan fleksibilitas dan penghematan biaya dalam bersiap menghadapi pertumbuhan masa depan yang tidak dapat diprediksi. Dengan mempertimbangkan peluang dan risiko yang bisa terjadi dalam transisi ke jaringan kendaraan yang lebih terkoneksi, melalui penawaran seperti pusat data mikro, pusat data pabrikan, sistem pemantauan jaringan TI yang canggih, sistem otomatisasi dan kontrol, dan perangkat lunak analisis data, ada arsitektur komunikasi seluler yang akan membantu produsen mobil untuk beradaptasi dengan lebih baik,” pungkas Yana.
Baca Juga: Pentingnya Membangun Ekosistem Otomasi Industri yang Terbuka, Kolaboratif dan Berbasis Software
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR