AXIS — produk layanan telekomunikasi dari XL Axiata — dan MoEngage minggu lalu di Jakarta mengumumkan perihal kerja samanya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan AXIS di tanah air. Melalui kerja sama tersebut, AXIS mendorong milenial dan generasi Z yang menjadi pelanggan alias pengguna AXIS untuk menggunakan aplikasi AXISNet dan memanfaatkan penawaran yang tersedia. Pasalnya, milenial dan generasi Z merupakan target demografis utama AXIS sehubungan aplikasi AXISNet.
AXIS mengeklaim milenial dan generasi Z saat ini mengkonsumsi banyak paket data, tetapi tidak begitu tertarik untuk memakai aplikasi AXISNet dan beragam layanan yang ditawarkan. AXIS menggunakan MoEngage untuk membentuk kampanye konversi dan mendorong aktivitas yang lebih baik antara pengguna aplikasi dengan membuat profil pelanggan secara 360°, serta memahami preferensi dan minat pelanggan.
“Kami membutuhkan keahlian MoEngage dalam keterlibatan berbasis wawasan untuk membuat kampanye konversi yang lebih baik yang akan menghasilkan lebih banyak pengguna aktif di seluruh aplikasi, serta mendapatkan profil pelanggan secara 360 derajat untuk memahami preferensi dan afinitas, sehingga dapat mengurangi ketergantungan kami terhadap tim teknologi,” kata Reza Mirza (Head Product and Design Services, XL Axiata).
“Tujuan bisnis kami adalah untuk mendorong adopsi aplikasi seluler, meningkatkan rasio klik-tayang dan konversi kampanye push, yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan aplikasi. Dari hal tersebut, kami ingin menurunkan churn dan meningkatkan retensi. Kami juga berharap dapat meningkatkan jumlah pengguna aplikasi aktif dengan dukungan MoEngage,” sebut Reza Mirza lebih lanjut.
AXIS menambahkan bahwa sebelum berkolaborasi dengan MoEngage, AXIS mengandalkan FCM (Firebase Cloud Messaging) — layanan pengiriman push notification dari Google. Namun, akibat dari perangkat yang terputus dari FCM, sebagian besar push notification AXIS tidak cukup diperhatikan sehingga menghasilkan interaksi dan LTV (lifetime value) yang buruk.
Kini, setelah memanfaatkan MoEngage, AXIS mengeklaim telah menjangkau lebih dari 10 juta pelanggan yang menggunakan aplikasi AXISnet. Sebanyak 39 juta tayangan berhasil dibuat dan 12 juta konversi berhasil dipengaruhi melalui pop-up di dalam aplikasi. AXIS pun mampu mengirimkan 500+ juta notifikasi setiap bulannya, menghasilkan 223 juta pembukaan aplikasi, dan mempengaruhi 67 juta konversi.
Selain itu, pada bulan Desember tahun lalu, push amplification menghasilkan peningkatan 17,3% dalam pengiriman push. Begitu pula MAU (monthly average user) yang meningkat sebesar 89,5% dalam waktu kurang dari setahun (dari April sampai Desember 2021), dibandingkan dengan perkiraan yang sebesar 88%.
"Di MoEngage, kami berkomitmen untuk membantu brand seperti AXIS agar tetap berada di puncak tujuan keterlibatan pelanggan mereka melalui platform tangguh yang menawarkan skala tak tertandingi. Kami sangat bangga dapat bermitra dengan AXIS dan berharap dapat membantu mereka mencapai keterlibatan terbaik di kelasnya dan membawa hubungan pelanggan ke tingkat yang lebih tinggi," pungkas Divya Jagwani (Associate Director, Enterprise Sales, MoEngage Inc.).
KOMENTAR