Startup Sampingan resmi melakukan rebranding dengan mengubah nama perusahaan menjadi Staffinc.
Perubahan nama tersebut merupakan tonggak sejarah yang menandai perkembangan bisnis perusahaan sejak didirikan pada 2018.
Perusahaan mengawali bisnisnya sebagai on-demand platform yang memberdayakan pekerja lapangan dengan menghubungkan mereka kepada beragam pekerjaan.
Kini perusahaan telah berevolusi menjadi sebuah layanan tenaga kerja yang inklusif yang melayani kebutuhan staffing seperti rekrut dan mengelola karyawan secara digital sekaligus menjadi platform penyedia kerja bagi para pekerja di Indonesia.
“Di awal mula berdiri, misi kami adalah memberdayakan pekerja dengan memberikan mereka akses ke beragam pekerjaan termasuk part-time dan full-time agar mereka dapat mendapatkan penghasilan. Di sisi lain, kami pun berupaya menjadi solusi ketenagakerjaan yang tepercaya bagi rekan bisnis. Persepsi ini telah lekat di mata publik selama kami berdiri. Namun seiring berjalannya waktu, bisnis kami bertumbuh termasuk pada layanan staffing secara digital serta penyediaan solusi outsource untuk bisnis,” ujar Wisnu Nugrahadi, CEO dan Co-Founder Staffinc.
Oleh karena itu, menurutnya nama Sampingan dirasa sudah tidak lagi merepresentasikan bisnis yang perusahaan jalani saat ini.
“Maka, kami memutuskan untuk mengganti nama dan logo kami menjadi Staffinc, sebuah nama yang erat kaitannya dengan aktivitas bisnis kami saat ini dan ke depannya tetapi tetap sesuai dengan visi serta misi utama perusahaan,” sambung Wisnu.
Staffinc sendiri diambil dari kata staffing, yang menggambarkan proses penempatan tenaga kerja sesuai dengan bidang keahliannya.
Staffinc merepresentasikan solusi untuk ketenagakerjaan digital yang selama ini dilakukan oleh Sampingan.
“Staffinc diharapkan dapat menyampaikan identitas bisnis kami dalam bacaan pertama. Penamaan Staffinc sendiri dikemas secara profesional namun tetap mempertahankan unsur-unsur branding sebelumnya seperti kemiripan logo dan juga warna, untuk memastikan nilai serta semangat yang tertanam sejak Sampingan didirikan tetap hadir dalam Staffinc,” jelas Wisnu.
Selain nama perusahaan, beberapa aplikasi yang dimiliki juga berganti nama. Aplikasi Sampingan berubah menjadi Staffinc Jobs, sebuah platform yang dapat dimanfaatkan pencari kerja untuk mencari pekerjaan mulai dari full-time hingga part-time.
Sementara itu, aplikasi Kerjaan yang dapat digunakan pekerja untuk melaporkan kehadiran, memenuhi tugas, dan mendapatkan gaji mereka, semuanya di satu tempat menjadi Staffinc Work.
Perkuat Bisnis Sistem SDM Lewat Staffinc Suite
Selain fokus pada layanan digital staffing, Staffic juga memperkuat lini bisnis yang bergerak di bidang platform sumber daya manusia (SDM) di bawah nama Staffinc Suite.
Berbeda dengan platform SDM kebanyakan yang fokus mengatur proses SDM pada tenaga kerja kantoran, Staffinc Suite merupakan platform SDM digital yang dirancang untuk memberikan transparansi dan fleksibilitas pada kegiatan operasional SDM yang bervolume tinggi dan dilakukan secara harian, contohnya kurir dan sales promotor.
Chief Product Officer dan Co-Founder Staffinc, Dimas Pramudya mengatakan “Awalnya, platform SDM kami tergabung dalam layanan yang ditawarkan oleh Sampingan (sekarang Staffinc). Namun, seiring berjalannya waktu, kami melihat adanya kebutuhan di pasar untuk menggunakan platform pengelolaan secara terpisah.”
“Selain itu, kami menyadari belum banyak penyedia platform SDM yang dapat membantu perusahaan mengelola secara keseluruhan kegiatan operasional tenaga kerja dalam jumlah besar. Kami menangkap peluang untuk membantu perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pengelolaan tenaga kerja lapangan secara mandiri dan digital dengan memperkuat lini bisnis sistem SDM di bawah Staffinc Suite,” lanjut Dimas.
Ia juga menuturkan bahwa ada perbedaan kebutuhan SDM antara pekerja kantoran dan pekerja lapangan.
“Kita ambil contoh, untuk pekerja kantoran, gaji dilakukan secara bulanan dan evaluasi kinerja dilakukan setiap enam bulan sekali. Selain itu, absensi juga tidak terlalu mempengaruhi kinerja dan gaji. Hal ini berbeda dengan pekerja lapangan di mana absensi, dan sistem shift perlu dimonitor secara tepat dan mempengaruhi keseluruhan kinerja. Sistem gajian pun juga dihitung berdasarkan tugas yang dikerjakan dan kehadiran sehingga dapat dibayarkan secara bulanan, mingguan bahkan harian. Oleh karenanya, kami merancang Staffinc Suite untuk mengakomodasi kebutuhan ini,” terang Dimas.
Staffinc Suite memiliki total sembilan fitur yang difokuskan untuk mengelola kegiatan operasional SDM para pekerja lapangan hanya dalam satu platform dengan beberapa keunggulan utama seperti menyederhanakan proses perekrutan dalam jumlah besar dalam waktu singkat, memudahkan serta memastikan keakuratan proses absensi, hingga mempercepat proses penggajian dengan sistem yang otomatis.
Chief Commercial Officer dan Co-Founder Staffinc, Margana Mohamad berharap kehadiran Staffinc Suite dapat mempertegas posisi ekosistem Staffinc sebagai solusi tenaga kerja bagi seluruh bisnis.
“Selama ini, Sampingan telah bermitra dengan lebih dari 1 juta pekerja dan membantu lebih dari 150 perusahaan untuk mendigitalisasi setiap langkah operasional SDMnya guna mencapai efisiensi bisnis yang optimal. Dengan nama baru ini kami akan terus berinovasi menghadirkan berbagai cara pintar untuk mengatasi tantangan ketenagakerjaan yang dihadapi berbagai industri dan di sisi lain memberikan dampak positif bagi para pekerja dengan akses ke berbagai pekerjaan, sesuai dengan visi misi awal kami,” tutup Margana.
Baca Juga: Ini Tips Bagi Waktu Antara Pekerjaan Tetap dan Usaha Sampingan dari Tokopedia
Baca Juga: J&T Cargo Gandeng Startup Sampingan Maksimalkan Layanan Pengiriman
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR