Sebagai upaya memberdayakan UKM di Indonesia, WhatsApp menyelenggarakan Pasar WhatsApp dari 29 hingga 31 Oktober 2022, di Senayan Park, Jakarta.
Pasar pop-up UKM pertama di Indonesia itu diselenggarakan WhatsApp bekerja sama dengan UKMIndonesia.id.
Pasar WhatsApp merupakan bagian dari kampanye Jualan di WhatsApp, di mana WhatsApp bekerja sama dengan berbagai mitra untuk mendukung ekonomi digital di Indonesia.
Selama gelaran berlangsung, Pasar WhatsApp berhasil mendatangkan lebih dari 4000 pengunjung yang menunjukkan ketertarikan mereka terhadap 20 UKM dari berbagai daerah di Indonesia — dari Sumatera Selatan, Jambi, Banten, Jabodetabek, Yogyakarta dan Bali — yang sudah sukses menjalankan bisnisnya menggunakan aplikasi WhatsApp Business.
Beragamnya UKM di Pasar WhatsApp disukai pengunjung, mulai dari seni, kerajinan, dan pakaian jadi — Haluan Bali yang menjual produk fesyen yang memadukan karya seni dan teknologi, serta Rumah Jambe-e yang menjual berbagai produk piring sekali pakai berbahan pinang sehingga ramah lingkungan — hingga berbagai macam makanan dan jajanan Indonesia — seperti Kahla Tempe Crispy yang menjual keripik tempe gurih tanpa bahan pengawet, dan Roeparasa yang menjual bumbu organik.
Pada hari Senin (31/10/22), Pasar WhatsApp juga dihadiri oleh beberapa tamu yang sangat istimewa. Dr. Yulius MA, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM), dan Ronny Salomo, Ketua Tim Bidang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dipandu oleh Matt Idema, VP of Business Messaging, Meta.
“WhatsApp bangga atas kerja sama KemenKop UKM, Kemendag, dan UKMIndonesia.id untuk membawa ribuan usaha kecil Indonesia ke ranah ekonomi digital. Pasar WhatsApp adalah pameran yang luar biasa dari kesuksesan dan keragaman UKM dari seluruh negeri dan pengalaman mereka berkembang untuk pelanggan mereka di WhatsApp,” kata Matt Idema, VP of Business Messaging, Meta.
Sementara itu, Yulius MA, Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKop UKM, menuturkan, “Kementerian Koperasi dan UKM memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan program-program yang dapat mendongkrak kreativitas UKM Indonesia. Kami senang kerja sama dengan WhatsApp Indonesia yang dapat membantu kami mewujudkan visi dan misi ini, serta membangun ekosistem yang terintegrasi untuk mewujudkan 'Indonesia Maju'.”
Lebih lanjut, sejak tahun 2020, dalam kemitraan dengan KemenKopUKM, WhatsApp dan UKMIndonesia.id telah melatih lebih dari 8.000 UKM di seluruh Indonesia, dan memasukkan mereka ke Aplikasi WhatsApp Business.
Awal tahun ini, bersama-sama, mereka juga meluncurkan UKMJagoWan.id, sebuah platform bagi masyarakat Indonesia untuk menemukan bisnis kecil yang menarik dari seluruh negeri.
Sebanyak 20 UKM di Pasar WhatsApp terpilih di antara yang ditampilkan di UKMJagoWan.id.
Baca Juga: Nih! Cara Download Aplikasi GB WhatsApp Versi Terbaru November 2022
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR