Saat ini Anda bisa berjualan online melalui sistem siaran langsung atau live streaming sehingga Anda tidak perlu berjumpa secara fisik.
Kreator konten Kohcun dan Louisses Scarlett sukses memanfaatkan fitur live streaming dan membantu usaha dari UMKM meraup untung.
Mereka pun membagikan tips supaya para pelaku UMKM atau kreator konten di Indonesia sukses berjualan lewat metode live streaming.
"Pertama itu harus konsisten, lalu punya komitmen, dan jangan lupa untuk selalu menghargai dan bersyukur," kata Louisses.
Konsisten dan komitmen adalah harus rajin melakukan live streaming di waktu-waktu yang sudah terjadwal.
Jika belum mengetahui waktu yang tepat, maka pelaku UMKM atau kreator bisa mencoba di jam-jam yang berbeda dalam satu minggu dan dari situ bisa menemukan waktu tepat dari jumlah penonton terbanyak.
Dari segi menghargai dan bersyukur, para kreator ataupun pelaku UMKM tidak patah semangat apabila saat siaran langsung berjalan hanya sedikit penonton.
"Kita harus menghargai ya, meski hanya 50 orang tapi kita harus hadapi dengan senyum. Misalnya kalau yang ikut live cuma 10 orang tapi yang sembilan-nya beli itu saja sudah untung kan," kata Louisses.
Kohcun juga mewanti-wanti seorang kreator atau pelaku UMKM harus jujur dengan produk-nya. Ketika produknya dikenalkan dan dijual lewat live streaming secara jujur maka otomatis pelanggan akan memiliki kepercayaan.
"Kita bangun kepercayaan dengan penonton. Kalau produknya bagus ya kita jujur, tapi kalau engga ya jangan direkomendasi-in", ujar Koh Cun.
Terakhir, para pelaku UMKM atau kreator harus mencocokkan waktu live streaming dengan demografi penonton-nya. Misalnya jika ternyata pengikutnya lebih banyak anak muda, maka pilih waktu di siang hari atau malam hari. Contoh lainnya jika pengikut-nya atau audiens penonton lebih banyak ibu-ibu, siaran langsung bisa dicoba di pagi hari.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR