Pemasaran dan penjualan adalah dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam berbisnis. Namun selain kedua hal tersebut, Anda juga perlu memperhatikan hubungan baik dengan pelanggan Anda.
Sebab, hubungan pelanggan yang baik dapat memberikan banyak manfaat yang menguntungkan bagi bisnis. Misalnya seperti peningkatan kepuasan pelanggan dan terciptanya loyalitas pelanggan.
Lalu, bagaimana cara membangun hubungan baik dengan pelanggan?
Setiap hubungan yang baik dibangun seiring dengan berjalannya waktu dan usaha untuk menjaganya. Bisnis harus melakukan komunikasi dengan pelanggannya secara reguler pada platform yang relevan. Misalnya seperti media sosial, live chat, email, dan lainnya.
Dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Omnichannel untuk mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi bisnis Anda. Dengan demikian, bisnis Anda dapat memiliki konsistensi program dan keselarasan layanan di setiap saluran yang dikunjungi pelanggan Anda.
Untuk memahami nilai pelanggan, Anda perlu mendengarkan apa yang menjadi keinginan mereka. Selanjutnya, lakukan pendekatan untuk memenuhi ekspektasi tersebut.
Beberapa orang mungkin menginginkan interaksi yang lebih personal, namun ada juga yang tidak suka terlalu berbasa-basi. Bisnis harus belajar untuk peka terhadap hal-hal tersebut. Sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik yang dapat memuaskan pelanggan.
Penggunaan software sales seperti sales CRM dapat membantu Anda untuk mengetahui kebutuhan pelanggan berdasarkan laporan dan riwayat belanja mereka. Ini karena aplikasi sales dapat membantu bisnis untuk memantau customer journey secara tepat.
Tahukah Anda kalau ternyata sekitar 72% pelanggan ternyata hanya terlibat dengan bisnis yang melakukan personalisasi?
Artinya komunikasi yang dipersonalisasi terhadap setiap pelanggan sangatlah penting bagi bisnis. Untuk itu, Anda perlu menyampaikan pesan yang disesuaikan untuk setiap pelanggan untuk meningkatkan hubungan pelanggan yang lebih kuat.
Menerima masukkan dari pelanggan sangat penting untuk memuaskan kebutuhan mereka. Dengan mengakui kesalahan dan menangani keluhan mereka dengan baik, maka pelanggan akan merasa lebih dihargai.
Dalam hal ini, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi ticketing untuk membantu menerima dan mengelola feedback dari pelanggan Anda. Sehingga, tidak akan ada lagi pelanggan yang merasa kecewa.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR