Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) meluncurkan laporan terbaru "Profil Internet Indonesia 2022" yang mengungkapkan hasil riset penggunaan internet di Indonesia.
Berdasarkan hasil survei APJII, ada 210,03 juta pengguna internet di dalam negeri pada periode 2021-2022, meningkat 6,7 persen dari periode sebelumnya yang sebesar 196,7 juta pengguna internet.
Studi APJII itu melibatkan 7.568 responden yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia dengan pembagian 2.468 pria dan 4.099 wanita.
Berdasarkan kelompok usia, responden dibagi menjadi usia 13-18 tahun (905), 19-24 tahun (3.012), 35-54 tahun (3.009) dan 55 tahun ke atas (641).
Dalam laporan tersebut, aplikasi pesan instan WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan orang Indonesia persentasinya mencapai 98,07 persen pengguna di Indonesia.
Kedua, aplikasi yang banyak digunakan orang Indonesia adalah Google Chrome dengan persentasinya sebanyak 76,95 persen pada tahun ini.
Ketiga, baru ada aplikasi Facebook milik META dengan persentasinya sebanyak 68,36 persen pengguna.
Keempat ada platform video terpopuler di dunia yaitu Youtube dengan persentase 63,02 persen pengguna. Kelima ada platform belanja online Shopee dengan persentase sebanyak 55,08 persen.
Terakhir ada TikTok dengan persentase 35 persen. Mayoritas pengguna TikTok didominasi oleh kalangan generasi muda di bawah usia 30 tahun.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR