Kolaborasi antara perusahaan penyedia layanan web hosting, Niagahoster, dengan platform agregator logistik, KiriminAja, untuk mengajak para pebisnis menjelajahi potensi baru demi bisnis yang lebih maju, tidak hanya diwujudkan lewat integrasi layanan unggul, namun juga kolaborasi event bagi para pebisnis dan pelaku UMKM.
Event roadshow #JelajahiPotensiBaru Niagahoster x KiriminAja dimulai di Semarang dan diadakan di Favehotel Semarang, Selasa (31/1/2023). Event yang mengangkat tema “Scale Up Bisnismu dengan Channel Sales Baru” itu menghadirkan dua local heroes, Ewindha Sari, Co-Founder GOTOSOVIE, dan Rifki Ali Hamidi, Owner Batik Kertabumi.
Di depan 75 pelaku UMKM dan pebisnis lokal yang hadir dalam event tersebut, Ewindha memaparkan bagaimana ia membangun perjalanan lewat bisnis. Ewindha pun menekankan bahwa menjalankan bisnis bukan hanya mengenai bagaimana pemilik bisnis dikenal oleh orang banyak, namun bagaimana mendoktrin diri untuk merasa sukses dalam hal sekecil apapun yang dikerjakan.
“Bisnis bukan semata-mata hanya untuk mencari nafkah sehari-hari, tapi juga menjadi mimpi untuk bisa bermanfaat bagi orang lain. Pebisnis harus terus belajar dan memahami bahwa setiap kesalahan yang diperbuat adalah bagian dari perjalanan menuju tujuan,” ujarnya.
Scale Up Bisnis dengan Digital Marketing
Dalam kesempatan tersebut, Rifki Ali Hamidi, yang juga merupakan Digital Marketing Expert, memberikan penjelasan langkah-langkah memulai digital marketing bagi para pebisnis yang baru merambah dunia digital.
“Pebisnis harus mengetahui kondisi pasar. Seberapa besar pasarnya? Dan seberapa ketat persaingan yang ada? Pasar yang kecil dengan persaingan yang sangat ketat akan menyebabkan terjadinya perang harga antara penjual. Jika pebisnis berada dalam situasi tersebut, segeralah keluar dan jangan sampai terjebak di dalam zona perang harga,” ujarnya.
Pebisnis pun harus menentukan channel dan cara berpromosi yang paling tepat untuk brand dan produk mereka. Mengenal berbagai channel digital marketing amat penting untuk dilakukan demi menjangkau target pasar.
Ade Syah Lubis, CEO Niagahoster, mengatakan, memanfaatkan hanya satu platform di era digital saat ini cukup membahayakan bagi bisnis. Pasalnya, media sosial memiliki masa naik dan turun di mata penggunanya, begitu pula dengan marketplace yang bisa tiba-tiba menghentikan layanan aplikasi dan website mereka.
Kolaborasi Niagahoster dan KiriminAja pun hadir untuk membantu pebisnis menjadikan website sebagai channel digital marketing dan penjualan.
“Memiliki website berarti memiliki rumah sendiri yang bisa diatur tampilan dan kontennya sesuai dengan karakter dan keunikan bisnis serta kebutuhan target pasar,” katanya.
Perlunya Edukasi Bagi Pebisnis Go Digital
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR