Perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini telah mengubah gaya berbelanja masyarakat. Sekarang ini masyarakat lebih nyaman dengan berbelanja online dari pada harus ke pasar atau toko untuk membeli kebutuhannya.
Diluncurkan dari situs resminya, Sleekflow adalah platform bisnis publik yang memungkinkan bisnis untuk mengelola beberapa aplikasi seperti WhatsApp Business, Facebook Messenger, Instagram, Line, WeChat, live chat di website dan email.
Oleh karena itu, Sleekflow adalah platform yang dapat mencakup dan menyesuaikan kebutuhan dan tujuan bisnis serta dirancang untuk perusahaan besar. Namun bagi kamu pemilik usaha kecil atau UMKM tetap bisa menggunakan aplikasi ini.
Untuk mendukung perubahan bisnis online tersebut maka Sleekflow hadir sebagai aplikasi omnichannel yang dapat mendukung dan mempermudah bisnis online kamu. Startup Hong Kong ini membuat platform yang dapat mempercepat dan meningkatkan penjualan. Karena itulah platform ini akan menjadi best seller bagi UMKM dan perusahaan besar di Indonesia.
Sleekflow didirikan pada 2019 dan memulai perjalanannya sebagai aplikasi omnichannel Indonesia. Saat ini, Sleekflow membantu melayani 5.000 bisnis di seluruh dunia, termasuk Shopee Singapura, Giordano, dan Lalamove Hong Kong.
Tim Sleekflow Indonesia akan dipimpin oleh General Manager Sleekflow Asnawi Jufrie. Tim akan mendukung pengguna dengan proses bisnis sosial terpadu yang mengintegrasikan komunikasi, katalog produk, solusi pembayaran, dan manajemen proses menjadi satu untuk bisnis di semua industri.
“Indonesia adalah salah satu pasar e-commerce dengan pertumbuhan tercepat di ASEAN, dengan nilai yang diproyeksikan sebesar $53,8 miliar pada tahun 2025. Saat ini, 80% peritel online di Indonesia menerima penjualan melalui media sosial dan kanal perpesanan. Sleekflow ingin membantu pemasar lokal melakukan ini lebih jauh," kata Pendiri dan CEO Sleekflow Henson Tsai dalam sebuah pernyataan.
Tsai menambahkan bahwa platform tersebut akan memperkenalkan fitur-fitur khusus serta alat pemantauan dan analisis untuk memberi UMKM dan perusahaan besar wawasan yang berharga dan operasional.
Seiring dengan kolaborasi yang terjalin antara SleekFlow dengan Shopify baru-baru ini, perusahaan sekarang juga dapat memfilter pelanggan berdasarkan preferensi pembelian mereka dan menganalisis profil dan perilaku konsumen untuk pemasaran dan jangkauan penjualan yang lebih tertarget.
Termasuk analitik penjualan dan fungsi tracking kinerja layanan pelanggan sebagai bagian dari fitur CRM untuk meningkatkan retensi pelanggan untuk merek. Untuk lebih selaras dengan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, SleekFlow berupaya memanfaatkan posisinya sebagai WhatsApp Business Solution Provider (BSP) untuk menciptakan saluran social commerce baru bagi penjual lokal.
Dengan menawarkan layanan hosting WhatsApp Cloud API yang baru di platform-nya, penjual dapat menghubungkan WhatsApp ke berbagai kumpulan teknologi, termasuk shared team inboxes, smart conversation routing, broadcast dan chatbot tools.
Berawal dari tiga tim pendiri, SleekFlow kini telah berkembang menjadi tim beranggotakan 100 orang di seluruh APAC, Eropa, dan Amerika Latin dengan kantor lokal di Singapura, Malaysia, Indonesia, Brazil, dan Inggris.
Didukung oleh pertumbuhan valuasi sebesar 1.200% dalam 12 bulan terakhir dan pertumbuhan pendapatan 500% setelah putaran pendanaan Seri A dan pra-Seri A tahun lalu yang didukung oleh Alibaba Hong Kong Entrepreneur's Fund (AHKEF), SleekFlow bertujuan untuk memperluas bisnis secara internasional, dari negara-negara di Asia Tenggara hingga Inggris, Eropa, dan Amerika Latin.
4 Manfaat Sleekflow Bagi Bisnis
Aplikasi Omnichannel Sleekflow tentunya akan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis yang sedang kamu kembangkan. Dengan mempermudah kinerja pemasaran dalam bisnis kamu maka akan meningkatkan trafik pengunjung dan pembelian produk yang kamu jual.
Selain mengelola pesan dari berbagai saluran dalam satu kotak masuk, aplikasi asal Hong Kong ini dapat digunakan untuk mengirim pesan otomatis ke pelanggan, mengelola percakapan dan smart motion order untuk tim penjualan, mengirim pesan promosi secara bersamaan ke pelanggan, dll.
Berikut adalah fitur Sleekflow:
1.Mengatur kontak
Dengan menggunakan Sleekflow maka kamu dapat mengumpulkan nama atau menandai kontak untuk menargetkan pelanggan kamu dalam pesan pemasaran dan periklanan.
Dengan menggunakan aplikasi Sleekflow maka kamu dapat dengan cepat menanggapi pesan pelanggan dan menyiapkan chatbot untuk menjawab pertanyaan umum pengguna.
3.CRM terintegrasi
Sleekflow dapat menjadi alat yang efektif dalam manajemen hubungan pelanggan, karena Sleekflow mengatur dan mengatur data pelanggan kamu untuk menyediakan layanan bagi bisnis kamu.
Dengan Sleekflow, proses penjualan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman bagi pengguna karena mereka dapat menambahkan tautan pembayaran langsung ke obrolan.
Apa Yang Bisa Dilakukan Sleekflow
1.Katalog produk yang disesuaikan
Aplikasi omnichannel dengan katalog produk yang dapat disesuaikan. Tujuannya adalah untuk melayani bisnis kecil lokal dengan lebih baik dengan mengembangkan penawaran layanan mereka. Bisnis dapat memulai toko di aplikasi perpesanan favorit mereka dalam hitungan menit dengan mengunggah file CSV atau menyinkronkannya dengan solusi e-niaga.
Fitur ini akan membantu UMKM untuk meningkatkan pertumbuhannya dengan biaya yang terjangkau. Kemampuan lain yang ditawarkan berkisar dari pembayaran lintas batas hingga menawarkan layanan pemasaran yang dipersonalisasi.
Sleekflow menawarkan integrasi Microsoft Dynamics 365 baru yang mengintegrasikan interaksi pelanggan melalui obrolan online dengan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning). juga menggunakan kemampuan intelijen bisnis yang dibangun di dalam platform untuk melacak dan mempercepat perjalanan pembeli dan proses pembelian.
Seiring masa depan bisnis di Indonesia yang semakin komunikatif, bisnis membutuhkan sistem yang komprehensif untuk manajemen hubungan pelanggan (CRM). Dengan mengintegrasikan Salesforce dan Hubspot ke dalam platformnya, Sleekflow membantu pelanggan mengatur, memperbarui, dan mengakses kontak dan percakapan pelanggan di satu platform.
Pada saat yang sama, pemasar dapat mengakses pembaruan data pelanggan di semua platform dan menganalisis kinerja untuk meningkatkan proses pengambilan keputusan.
One click checkout untuk pembayaran
Dengan satu dari lima dolar yang dibelanjakan oleh peritel Asia Tenggara melalui media sosial hari ini, obrolan cepat dan pengalaman pembayaran telah menjadi pendorong utama perubahan pasar.
Fitur pembayaran satu-klik SleekFlow yang baru dan ekosistem pembayaran sosial memberikan solusi real-time end-to-end bagi bisnis untuk berkomunikasi secara langsung melalui obrolan sosial.
Fitur baru ini menghubungkan bisnis dengan konsumen dalam saluran penjualan yang cepat, mudah, dan aman. Fitur ini juga membuka cara baru untuk meningkatkan pendapatan bisnis.
Saat konsumen mencari bisnis yang menyediakan komunikasi efektif, merek didorong untuk mengelola beberapa saluran perpesanan dan platform media sosial secara bersamaan dengan pemasaran dan penjualan.
Dengan mengelola beberapa saluran perpesanan seperti WhatsApp Business Platform, Facebook Messenger, obrolan Instagram, dan Telegram, bisnis dapat memberikan dukungan tanpa batas kepada pelanggan. Ini membantu bisnis meningkatkan prospek penjualan online dan offline mereka.
Dengan kemitraan terbaru Sleekflow dengan Shopify, bisnis juga dapat menargetkan pelanggan berdasarkan preferensi belanja mereka. Izin ini juga memungkinkan Sleekflow menganalisis profil dan perilaku pelanggan untuk pemasaran dan iklan bertarget.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR