Permintaan terhadap beberapa penyedia cloud saat ini kian meningkat, hal ini terjadi dalam upaya memenuhi kebutuhan perusahaan.
Multicloud merupakan kebutuhan teknologi dalam perusahaan saat ini, menurut studi dari 451 penelitian, bagian S&P Global Market Intelligence, yang dijalankan oleh Oracle.
Studi tersebut mengumpulkan informasi dari 1.500 responden di perusahaan tentang cara mereka menggunakan cloud dalam organisasi dan menemukan bahwa hampir setiap perjalanan cloud kini menjadi perjalanan multicloud.
Adopsi cloud saat ini identik dengan bagaimana perusahaan membangun ketangkasan bisnis dan efisiensi operasional. Meskipun tren ini telah ada selama beberapa waktu, lebih dari 90 persen responden Asia Pasifik setuju bahwa pandemi COVID-19 telah menjadi pendorong utama minat dan investasi yang lebih besar dalam teknologi cloud.
Saat organisasi menghadapi tantangan baru seperti peningkatan tingkat pekerjaan jarak jauh dan kolaborasi dengan mitra bisnis dan pemasok baru, mereka mengadopsi strategi multicloud untuk mendapatkan fleksibilitas dan skalabilitas yang mereka butuhkan untuk realitas baru ini.
“Mentalitas 'one-stop-shop' telah mati ketika berhubungan dengan cloud. Sebaliknya, multicloud adalah realitas lingkungan teknologi perusahaan karena organisasi-organisasi ini berusaha untuk mendapatkan perpaduan yang tepat antara solusi dan kemampuan yang mereka butuhkan untuk beroperasi secara efektif,” kata Melanie Posey, Research Director, Cloud & Managed Services Transformation at 451 Research.
“Multicloud hadir untuk bertahan, dan perusahaan memilih model ini karena manfaat yang diberikannya untuk berbagai kebutuhan bisnis dan operasional yang berbeda, seperti kelincahan bisnis atau akses ke teknologi terbaik," ucapnya.
Temuan utama dari studi ini meliputi:
Hampir setiap perjalanan cloud adalah multicloud
• 97 persen perusahaan di Asia Pasifik yang melakukan survey, menggunakan atau berencana menggunakan setidaknya dua penyedia infrastruktur cloud dan 35 persen menggunakan empat atau lebih.
• 95 persen responden Asia Pasifik melaporkan bahwa mereka menggunakan atau berencana untuk menggunakan setidaknya dua penyedia aplikasi cloud (Software-as-a-Service), dengan lebih dari 48 persen menggunakan aplikasi cloud dari lima atau lebih penyedia.
• Strategi multicloud ini memungkinkan departemen TI memenuhi kebutuhan teknologi khusus dari berbagai tim di seluruh organisasi.
Kedaulatan data dan pengoptimalan biaya mendorong permintaan akan strategi multicloud
• Dua pendorong utama strategi multicloud di perusahaan adalah kedaulatan data (44 persen) dan optimalisasi biaya (40 persen).
• Pendorong lain dari strategi multicloud termasuk kelincahan dan inovasi bisnis (32 persen), layanan dan aplikasi cloud terbaik (27 persen) dan masalah penguncian vendor cloud (26 persen).
• Strategi multicloud memberi perusahaan lebih banyak kendali terhadap dimana dan bagaimana data mereka disimpan dan digunakan, sekaligus memastikan bisnis dapat mengontrol biaya operasi cloud mereka dengan menyesuaikan layanan mana yang mereka gunakan dari penyedia yang berbeda. Organisasi perusahaan secara proaktif merencanakan strategi multicloud untuk masa depan
• Redundansi data (56 persen) adalah kasus penggunaan masa depan yang paling diantisipasi, diikuti oleh mobilitas data (52 persen) dan optimalisasi biaya di cloud publik (45 persen).
• Departemen TI juga berencana menggunakan strategi multicloud untuk mitigasi risiko di seluruh lingkungan TI (41 persen) dan perluasan geografis atau penyampaian layanan global (44 persen).
• Fakta bahwa departemen TI sedang merencanakan strategi multicloud untuk menunjukkan bahwa mereka melihat multicloud sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan teknologi mereka, bukan sekadar taktik untuk bereaksi terhadap krisis.
“Pelanggan menggunakan penyedia cloud baru untuk mempercepat tujuan transformasi digital mereka. Mereka ingin beban kerja kritis perusahaan yang ada berada di cloud lebih cepat, tanpa biaya atau risiko harus menulis ulang, untuk kemudian memanfaatkan area inovasi yang didorong oleh pembelajaran mesin dan AI, ”kata Chris Chelliah, Senior Vice President, Technology and Customer Strategy, Oracle Japan and Asia Pacific.
“Oracle Cloud Infrastructure (OCI) menawarkan pilihan pelanggan untuk menerapkan beban kerja di tempat yang paling sesuai - di lokasi, di cloud publik, atau bahkan di beberapa cloud. OCI adalah yang paling unik diantara penyedia hyperscale lainnya. Dengan diperkenalkannya MySQL HeatWave di AWS dan Oracle Database Service baru-baru ini untuk Microsoft Azure, Oracle telah mendobrak tembok antara penyedia cloud, sehingga pelanggan dapat mencapai hasil bisnis mereka,” ujarnya.
Riset ini memvalidasi pendekatan yang diambil OCI dengan cloud terdistribusi dan penawaran manajemennya, yang mendapatkan pengakuan Oracle sebagai pemimpin dalam laporan Omdia Universe: Hybrid and Multicloud Management Solution, 2022–23 (Desember 2022) baru-baru ini.
Metodologi
Data survei yang digunakan dalam laporan ini dikumpulkan oleh 451 Research, bagian dari S&P Global Market Intelligence, dan dijalankan oleh Oracle.
Survei global dilakukan pada kuartal ketiga tahun 2022 dan didasarkan pada sampel lintas industri dari 1.500 responden perusahaan di Amerika Utara, Eropa, Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Amerika Latin.
Cloud terdistribusi OCI menawarkan kepada pelanggan manfaat cloud dengan kontrol lebih besar atas residensi data, lokalitas, dan otoritas, bahkan di beberapa cloud. Fitur cloud yang terdistribusi OCI adalah sebagai berikut:
• Multicloud: Kemampuan multicloud OCI seperti Oracle Database Service untuk Microsoft Azure dan MySQL HeatWave memberi pelanggan pilihan untuk memilih penyedia cloud terbaik untuk aplikasi dan database mereka.
• Cloud hibrid: OCI menghadirkan layanan cloud hibrid di lokasi melalui Oracle Exadata Cloud@Customer dan mengelola infrastruktur di lebih dari 60 negara.
• Cloud publik: Saat ini, OCI mengoperasikan 41 wilayah OCI di 22 negara, dengan 9 rencana lagi, termasuk dua wilayah cloud berdaulat untuk UE.
• Cloud khusus: OCI memberikan wilayah khusus bagi pelanggan untuk menjalankan semua layanan cloud Oracle di pusat data mereka sendiri, dan Oracle Alloy akan memungkinkan mitra untuk menyesuaikan layanan cloud dan pengalaman bagi pelanggan mereka.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR