Aplikasi dompet digital DANA yang menyediakan berbagai layanan pembayaran dan keuangan, masih menjadi pilihan masyarakat untuk menunjang gaya hidup mereka selama bulan Ramadan 2023.
Hal itu terlihat dari pertumbuhan positif beberapa fitur dan layanan DANA di 12 hari pertama bulan Ramadan tahun 2023.
Dalam acara “Ngabuburit Bareng DANA” yang digelar Kamis (6/4/2023), Lim Wimawan Kusuma, Head of Marketing DANA Indonesia, mengatakan bahwa tiap tahunnya DANA mencatat kenaikan transaksi yang cukup signifikan pada awal Ramadan.
Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh aktivitas berbelanja yang meningkat khususnya pada sektor bahan pokok, makanan, serta fashion.
“Pada Ramadan tahun ini, kami melihat terjadinya peningkatan transaksi hingga mencapai 122 persen jika dibandingkan dengan 12 hari pertama di bulan Ramadan tahun lalu. Sementara itu, kenaikan juga terjadi pada jumlah pengguna transaksi harian dengan kenaikan mencapai 103 persen,” jelas Lim.
DANA juga menangkap tren menarik di mana lima fitur dalam aplikasi DANA makin diminati selama Ramadan ini, di antaranya adalah fitur Kirim Uang, Pembayaran dengan QR, Belanja di E-Commerce, Pulsa dan Data, hingga Layanan Keuangan.
Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi DANA kepada pengguna, DANA juga sempat menghadirkan DANA Parsel (Pesta THR Spesial) yang digelar pada dua minggu pertama bulan Ramadan 2023 lalu.
Pada program Ramadan tersebut, DANA mengajak pengguna untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk berkesempatan memenangkan hadiah menarik.
Torehan pertumbuhan positif selama bulan Ramadan juga dirasakan pada pertumbuhan beberapa mitra DANA.
Fenomena ini dinilai selaras dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia paska-pandemi yang mulai menunjukkan geliat berbelanja.
Luqman Ibnu Purnomo, VP of Business Operation DANA Indonesia mengatakan, “Kami melihat pertumbuhan yang signifikan dari jumlah merchants di Ramadan tahun 2023 dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu.”
“Kenaikan jumlah merchants ini bahkan mencapai 45 persen, di mana tahun ini kami berhasil menjalin kemitraan baru dengan beberapa mitra besar, seperti Alfamart dan MAP Group. Imbasnya, pertumbuhan serupa juga kami rasakan dari transaksi merchants, yang mengalami kenaikan hingga lebih dari 60 persen dibandingkan Ramadan 2022. Pertumbuhan positif ini banyak dipengaruhi oleh pembelanjaan kebutuhan harian, hingga pembelian produk finansial & investasi. Yang tak kalah menarik, preferensi masyarakat untuk melakukan donasi dan sedekah daring juga makin bertambah pesat,” papar Luqman lagi.
Di bulan Ramadan tahun ini, DANA juga akan terus mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan beragam fitur lainnya untuk mengoptimalkan ibadah pengguna di bulan suci ini.
Beberapa edukasi tersebut mencakup pemanfaatan fitur DANA Donasi untuk bersedekah, mini program Dompet Dhuafa untuk membayar Zakat, hingga fitur Kirim Uang atau bahkan DANA Kaget untuk mengirimkan THR kepada sanak saudara.
Baca Juga: Dompet Digital DANA Resmi Implementasikan Layanan BI-FAST
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR