Mimin, startup Indonesia yang menyediakan solusi chat commerce dan asisten virtual pengoperasian bisnis, mengumumkan telah menerima pendanaan tahap awal (seed) dari Otto Digital.
Sebagai bagian dari Salim Group, Otto Digital memiliki komunitas UMKM yang besar dan tersebar di seluruh Indonesia, yang merupakan target utama dari layanan Mimin.
Pendanaan ini akan digunakan Mimin untuk melayani para UMKM dan penjual online dengan produk dan fitur terbaru, serta memperkuat infrastruktur teknologi dan software manajemen pesanan.
Hal ini sesuai dengan lanskap industri jual-beli di Indonesia, di mana social commerce (transaksi belanja menggunakan media sosial dan aplikasi chatting) diperkirakan tumbuh sebesar 17,9% per tahun dari 2022-2028.
Menurut penelitian Populix tahun 2022, 86% masyarakat Indonesia sudah pernah berbelanja melalui media sosial dan aplikasi chatting, seperti Tiktok Shop (45%), WhatsApp (21%), Facebook (10%) dan Instagram (10%).
Kenaikan tren tersebut menunjukkan bahwa mayoritas penjual online di Indonesia memiliki berbagai kanal penjualan.
Tidak hanya membuka toko online di platform e-commerce, banyak penjual yang berfokus mempromosikan jualannya melalui media sosial dan aplikasi chatting.
Untuk mengelola penjualan social commerce ini, rata-rata penjual mengandalkan pencatatan order, pengecekan ongkir, dan penerimaan pembayaran secara manual.
Proses manual ini cenderung memakan waktu dan rentan dengan risiko human error.
Mimin menawarkan automasi chat commerce dan platform pengelolaan pesanan agar para pelaku bisnis dapat lebih mudah menjalankan tokonya.
Melalui Mimin, penjual dapat dengan mudah meng-input pesanan dari format order yang telah tertulis melalui WhatsApp pada aplikasi Mimin dan secara otomatis memberikan invoice dan konfirmasi pembayaran.
Dengan solusi tersebut, pelaku usaha dapat memproses pesanan 70% lebih cepat dan akurat.
Tidak hanya itu, setiap pembeli yang pernah melakukan transaksi pun dapat dengan mudah dihubungi kembali untuk diberikan penawaran yang sifatnya lebih personal dan relevan.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR