Kehadiran teknologi AI (artificial intelligence) kini telah merubah cara perusahaan di dunia dalam menawarkan produk atau layanan ke konsumen. Ambil contoh perusahaan dari industri kecantikan dan fesyen.
Salah satu implementasi teknologi AI di banyak perusahaan di industri ini yaitu menyediakan Virtual Try On (uji coba virtual). Singkatnya, uji coba virtual akan memungkinkan konsumen untuk mencoba produk secara digital sebelum mereka memutuskan membelinya.
Untuk menerapkan teknologi AI seperti itu, perusahaan kecantikan dan fesyen biasanya akan bekerja sama dengan perusahaan teknologi. Saat ini, perusahaan teknologi yang fokus menyediakan solusi AI khusus untuk perusahaan kecantikan dan fesyen adalah Perfect Corp.
Dalam wawancara eksklusif bersama InfoKomputer, Alice Chang selaku CEO dan Founder Perfect Corp. mengatakan, perusahaan yang didirikannya merupakan penyedia solusi teknologi kecantikan dan fesyen berbasis AI yang dapat membantu sebuah brand (merek) meningkatkan pengalaman berbelanja yang inovatif bagi para pelanggannya.
“Kami bekerja sama dengan merek kecantikan dan fesyen untuk mengintegrasikan penawaran produk mereka ke dalam pengalaman uji coba virtual, sehingga memberikan hasil yang nyata bagi konsumen,” ujar Alice.
Teknologi AI yang dimiliki Perfect Corp. juga mendukung uji coba virtual yang dipersonalisasi menggunakan teknologi AR (augmented reality) untuk memberikan representasi yang akurat tentang bagaimana produk akan terlihat dalam kehidupan nyata.
Dijelaskan Alice, Perfect Corp. tidak hanya menyediakan ragam solusi AI yang komprehensif untuk berbagai kategori uji coba virtual, namun juga menyediakan rangkaian fitur yang jauh lebih canggih dari tiap kategori.
“Perfect Corp. menjadi satu-satunya perusahaan yang menyediakan solusi AI di bidang teknologi kecantikan, kulit, dan fesyen. Sebagai contoh, kami menjadi pemimpin di segmen pasar dengan rangkaian dukungan tekstur terluas untuk menciptakan pengalaman riasan virtual yang paling nyata,” tutur Alice.
“Selain itu, kami juga menyediakan fitur analisis masalah kulit paling komprehensif yang mencakup hingga 14 jenis analisis kulit. Dalam hal uji coba fesyen/perhiasan virtual, teknologi kami tidak tertandingi dalam memberikan pengalaman uji coba virtual yang lancar untuk cincin, jam tangan, gelang, kalung, anting, dan kacamata,” sambungnya.
Cara Perfect Corp. Mengembangkan Solusi Berbasis AI
Dalam mengembangkan solusi AI-nya, Perfect Corp. mengumpulkan dan memanfaatkan data untuk melatih algoritme AI. Perfect Corp. diketahui menggunakan dataset gambar dari pihak ketiga untuk mengembangkan algoritme AI-nya. Perusahaan juga mengatakan bahwa dataset yang dikumpulkan hanya digunakan untuk pengembangan solusi AI dan terjamin keamanannya.
“Kami menyiapkan dataset khusus dan independen dari sumber eksternal hanya untuk tujuan pengembangan. Data pengguna tidak pernah dikumpulkan dari aplikasi consumer apps atau enterprise solutions kami tanpa persetujuan dari pengguna,” ucap Alice.
Lebih lanjut, dalam mengembangkan solusi AI, Perfect Corp. juga menemukan tantangan tersendiri. Salah satu tantangan tersebut seperti harus terus melatih algoritme AI supaya tangguh dalam menangani beragam fitur wajah, warna kulit, dan kondisi pencahayaan. Untuk mengatasi tantangan ini, membutuhkan pengumpulan data, anotasi, dan penyempurnaan algoritme yang komprehensif.
Perfect Corp. mengatasi tantangan ini dengan memanfaatkan kumpulan data yang komprehensif dan beragam. Selain itu, Perfect Corp. juga menggunakan teknik ML (machine learning) tingkat lanjut, pengulangan, dan perbaikan algoritme berdasarkan umpan balik pengguna.
“Kami terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam teknologi AI dan memastikan solusi kami dapat memberikan hasil yang paling inklusif untuk semua pengguna,” cetus Alice.
Untuk terus mengembangkan solusi AI-nya menjadi lebih baik, Perfect Corp. juga melibatkan para penggunanya untuk memberikan feedback (umpan balik) melalui berbagai saluran, termasuk ulasan aplikasi, interaksi dukungan klien, survei basis data, dan umpan balik mitra.
Selain itu, perusahaan juga melakukan program pengujian beta di aplikasi mitra untuk melibatkan pengguna dalam pengembangan dan pengujian solusi AI baru sebelum diluncurkan sebagai solusi B2B untuk brand.
“Umpan balik pengguna adalah sumber daya berharga yang mendorong upaya peningkatan berkelanjutan kami dan memastikan bahwa solusi AI kami memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna kami yang terus berkembang,” ungkap Alice.
Telah Digunakan Berbagai Brand Terkemuka
Perusahaan yang telah menggunakan solusi AI dari Perfect Corp. meliputi brand kecantikan, pengecer, dan platform e-niaga. Perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan solusi AI dari Perfect Corp. untuk meningkatkan pengalaman uji coba virtual dan memberikan rekomendasi kecantikan yang disesuaikan kepada pelanggan mereka.
Beberapa perusahaan global yang telah memakai solusi AI Perfect Corp. seperti TLB, Cosnova Beauty, SoPost, Sally Hansen, dan masih banyak lagi. Tidak hanya di ranah global, solusi AI Perfect Corp. juga sudah digunakan oleh beberapa perusahaan di Tanah Air.
“Kami telah menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mengintegrasikan solusi teknologi kecantikan dari Perfect Corp. ke dalam platform mereka,” ujar Alice.
Salah satu brand di Indonesia yang telah menggunakan Perfect Corp. adalah Wardah. Brand kecantikan ternama itu memanfaatkan teknologi uji coba virtual untuk memberikan pengalaman baru bagi pelanggan mereka, memungkinkan mereka mencoba produk secara virtual, mengeksplorasi berbagai nuansa, dan membuat keputusan pembelian yang tepat.
Kerja sama ini pun telah menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat keterlibatan pelanggan, serta peningkatan lalu lintas website milik Wardah sebesar lebih dari 134%.
Strategi Perfect Corp di Indonesia
Perfect Corp. memiliki strategi jangka pendek dan jangka panjang yang bertujuan untuk mendorong inovasi dan memenuhi ekspektasi pengguna yang terus berkembang.
Dalam jangka pendek, perusahaan akan berfokus pada pengenalan fitur baru dan pengembangan di platform yang sudah ada, sehingga pengguna dapat mengakses tren dan teknologi kecantikan terkini.
Adapun dalam jangka panjang, Perfect Corp. akan terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, mengeksplorasi peluang baru untuk inovasi AI dan AR di bidang kecantikan, teknologi kulit, dan teknologi fesyen.
“Kami terus memantau tren pasar dan preferensi konsumen dengan cermat untuk menyelaraskan strategi inovasi kami dengan lanskap industri kecantikan yang begitu dinamis,” kata Alice.
Perfect Corp. juga memandang pasar Indonesia sebagai fokus strategis baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Menurut Alice, industri kecantikan di Indonesia begitu dinamis dengan banyaknya konsumen yang peduli akan kecantikan.
Perfect Corp. sendiri memiliki komitmen untuk memenuhi kebutuhan pengguna Indonesia dengan menyediakan konten lokal, berkolaborasi dengan brand kecantikan lokal, dan terus meningkatkan solusi AI sesuai dengan preferensi penggunanya.
“Target kami di pasar Indonesia adalah menjadi platform tepercaya dan pilihan terbaik untuk menghadirkan pengalaman kecantikan virtual sekaligus menawarkan solusi inovatif yang memberdayakan individu untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan preferensi kecantikan unik mereka,” pungkas Alice.
Baca Juga: iBooming Pakai AI untuk Mengoptimalkan Brand dan Influencer di TikTok
Baca Juga: Biar Konsumen Tidak Salah Ukuran Saat Beli Cincin, Brand Perhiasan Bisa Terapkan Teknologi Ini
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.
KOMENTAR