Tokopedia menghadirkan fitur baru ‘Cari Sekaligus’ dan ‘Buy More Save More’ serta kampanye seperti ‘WAR Diskon Tokopedia’ agar masyarakat bisa belanja online lebih hemat dan terjangkau.
Minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan secara online terus meningkat. Pada tahun 2022, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia meningkat 12,79%, yaitu mencapai 178,94 juta, jika dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 158,65 juta. Berdasarkan Statista Market Insights 2022, pengguna e-commerce di Indonesia diproyeksikan terus meningkat hingga mencapai 196,47 juta pada akhir tahun 2023.*
Menurut Associate Vice President Product Campaign and Promotions Tokopedia, Helena, animo tinggi belanja online dari konsumen di tanah air juga tercermin di data internal Tokopedia. “Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi di berbagai kategori produk selama kuartal III 2023, antara lain Fesyen, Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga dan Kebutuhan Sehari-hari/Groceries (seperti Makanan dan Minuman, Kesehatan serta Perawatan Tubuh),” papar Helena.
Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia meluncurkan dua fitur baru, yaitu ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, dan ‘Buy More Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’.
Hemat Waktu dan Ongkir dengan Fitur ‘Cari Sekaligus’
Tokopedia merancang fitur ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’ yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih hemat dari sisi waktu maupun ongkir. “Lewat fitur ini, masyarakat bisa mencari lebih dari satu produk secara bersamaan, dan mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual semua produk tersebut secara sekaligus,” jelas Product Manager Senior Lead Tokopedia, Hefrian Syah.
Dengan demikian, proses belanja online menjadi hemat waktu karena tidak perlu mencari secara manual satu per satu, dan hemat ongkir karena hanya dikenakan dari satu toko saja. “Bahkan bisa gratis atau bebas ongkir,” tambah Hefrian seraya mengatakan bahwa Tokopedia menjadi pionir lahirnya fitur ini di industri e-commerce secara global.
“Fitur ini dibuat saat tim Product menemukan bahwa ada kebutuhan dari pembeli untuk menemukan satu toko yang menjual berbagai produk yang mereka butuhkan dalam satu waktu sekaligus. Setelah melakukan riset dan memvalidasi kebutuhan ini, kami bersama tim Designer dan Engineer Tokopedia mulai mengembangkan fitur yang relevan,” jelas Hefrian.
Untuk menggunakan fitur baru Tokopedia ‘Cari Sekaligus’ ini, klik kolom pencarian pada halaman utama aplikasi Tokopedia versi Android maupun iOS. Lalu ketik salah satu produk yang dicari, dan klik tanda di ujung kanan. Setelah itu, pembeli bisa menambahkan hingga dua produk lain yang dibutuhkan secara bersamaan. Klik ‘Cari’ untuk mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual berbagai produk yang dicari secara sekaligus.
Leona Agustine, seorang content creator sekaligus pengguna Tokopedia berstatus ‘Diamond’ (tingkatan tertinggi keanggotaan pembeli di Tokopedia) telah mencoba fitur ini, “Lewat fitur ini, saya merasa lebih mudah mencari berbagai produk yang dibutuhkan tanpa harus mencari di toko yang berbeda. Saya juga bisa menghemat waktu yang biasa dihabiskan untuk mencari produk dan juga bisa lebih hemat dari segi ongkir karena berbagai kebutuhan yang dicari bisa dibeli dari satu toko saja,” katanya.
Fitur ‘Buy More Save More’ untuk Belanja Lebih Terjangkau
Tokopedia juga meluncurkan fitur ‘Buy More Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih terjangkau (affordable).
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR