Perusahaan periklanan sell-side independen Magnite, baru-baru ini meluncurkan hasil riset bertajuk “Streaming TV’s New Era: Embracing Ad-supported Streaming Across Screens in Indonesia” ("Era Baru Layanan Streaming TV: Menyambut Tayangan Streaming Beriklan Lewat Berbagai Perangkat di Indonesia").
Riset ini menemukan bahwa layanan streaming beriklan di Indonesia terus mengalami peningkatan dengan 69% dari penonton TV di Indonesia menonton konten streaming yang diselingi iklan.
Berdasarkan riset tersebut, para penonton di Indonesia menghabiskan rata-rata dua jam sehari untuk menonton konten pada layanan streaming dan memiliki kecenderungan tinggi untuk menonton melalui perangkat yang berbeda-beda.
Meskipun smartphone adalah perangkat utama yang digunakan untuk menonton, 61% penonton konten TV yang diselingi iklan justru paling sering, bahkan selalu, menonton lewat smart TV, bahkan hampir sepanjang waktu dalam seminggu.
Penggunaan berbagai perangkat untuk menonton ini menciptakan interaksi yang lebih bermakna antara brand dengan konsumen, sebab hampir semua (97%) penonton konten streaming yang diselingi iklan memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk membeli produk dari brand yang mereka tonton lewat berbagai perangkat tersebut.
"Layanan streaming beriklan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan karena para penonton lebih menyukai konten televisi premium yang mudah diakses," ujar Gavin Buxton, Managing Director Asia di Magnite.
"Riset kami menunjukkan bahwa streaming mampu meningkatkan kepercayaan dan visibilitas brand, di mana interaksi dengan penonton tidak terbatas pada konten streaming, tetapi juga pada iklan yang ditayangkan. Seiring dengan perkembangan layanan streaming yang terus meningkat, brand pun harus mulai melirik channel ini untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen yang tertarik,” sambungnya.
Sementara itu, Yogi Triharso, Head of Emtek Digital Data & Programmatic, menjelaskan "Hasil riset Magnite membuktikan efektivitas konten streaming yang diselingi iklan dan kemampuannya untuk meningkatkan interaksi dengan penonton dalam jangka waktu yang lama melalui pengalaman menonton yang menyeluruh dari berbagai perangkat.”
"Meningkatnya preferensi terhadap konten streaming yang diselingi iklan di kalangan konsumen menunjukkan peluang bagi brand dalam melakukan diversifikasi strategi pemasaran mereka untuk menyelami pasar konsumen konten streaming yang kian dinamis dan memperluas jangkauan pasar," lanjutnya.
Lebih lanjut, hasil riset Magnite juga menunjukkan beberapa fakta menarik yang di antaranya:
Baca Juga: Lima Tips Memaksimalkan Konten Live Streaming di SnackVideo, Apa Saja?
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR