Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh setiap tanggal 12 Desember menjadi salah satu momen belanja online yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat.
Pasalnya, di Harbolnas terdapat beragam promo dan penawaran menarik yang ditawarkan di platform e-commerce atau marketplace.
Untuk mendukung gelaran Harbolnas di tahun 2023 ini, Tokopedia bersama TikTok menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’. Kampanye ini bisa masyarakat temukan di dalam aplikasi Tokopedia dan TikTok.
“Tokopedia berkomitmen untuk terus mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk pada saat momen 12.12, lewat deretan inisiatif dan menghadirkan berbagai promo agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau. Salah satunya dengan menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’,” jelas Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto, dalam konferensi pers di Tokopedia Tower, Selasa (12/12/2023).
Di kampanye ini, ada deretan promo diskon hingga Rp100.000 agar masyarakat bisa belanja produk lokal dengan lebih hemat.
Selain menguntungkan bagi pembeli, momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal juga diharapkan bisa mendongkrak penjualan para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal.
“Dengan hadirnya kampanye ‘Beli Lokal’, para pelaku usaha, terutama UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli dengan lebih atraktif,” ujar Direktur Eksekutif E-Commerce, TikTok Indonesia, Stephanie Susilo.
Tokopedia berkolaborasi dengan pemerintah dalam meluncurkan kampanye ‘Beli Lokal’ agar pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, bisa mendapatkan panggung yang lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12.
“Harbolnas merupakan kesempatan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makin bangga dalam menggunakan produksi buatan Indonesia. Salah satu cara untuk mewujudkan rasa bangga itu adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri,” ujar Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia.
Pada tahun 2022, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22.7 triliun atau meningkat sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya.
Pembelian produk lokal pun tercatat meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.
“Kami berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat. Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” pungkas Zulkifli.
Baca Juga: TikTok Suntik US$1,5 M ke Tokopedia Demi Hidupkan Lagi TikTok Shop
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR