WiKIT, lembaga penelitian Edtech independen internasional, melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa Kahoot!, platform edukasi interaktif populer, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
WiKIT memberikan bukti ilmiah yang kuat tentang manfaat Kahoot! dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode penelitian meta-analisis studi peer-review, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa Kahoot! terbukti dapat membantu siswa belajar lebih efektif, meningkatkan hasil belajar siswa serta membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.
"Selama satu dekade, jutaan siswa dan guru di seluruh dunia telah menggunakan Kahoot! untuk berkreasi dan mengeksplorasi pengalaman belajar berbasis game yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini memberikan bukti kuat kepada para pendidik bahwa Kahoot! tidak hanya mendorong partisipasi, tetapi juga secara langsung meningkatkan pembelajaran siswa," ujar Eilert Hanoa, CEO Kahoot!.
Sejak peluncuran resminya pada tahun 2013, Kahoot! telah didukung dengan basis penelitian dan sertifikasi yang kuat, di antaranya adalah sertifikasi ICEIE Silver Badge dan ESSA Level III yang menunjukan keselarasan terhadap standar mutu pendidikan serta efektivitasnya dalam pembelajaran siswa.
Selain itu, Kahoot! juga secara aktif terlibat dalam berbagai penelitian yang mengukur efektivitas pembelajaran berbasis game, salah satunya dengan melakukan penelitian berbasis meta analysis dengan WiKIT.
Pada laporan meta-analisis ini, WiKIT secara sistematis menganalisis 155 artikel dan 2070 responden penelitian peer-review yang melibatkan Kahoot! oleh para peneliti independen di seluruh dunia untuk menguji efek kuantitatif Kahoot! Di berbagai jenjang pendidikan pada hasil pembelajaran.
Melalui proses standarisasi dan konversi beragam metrik hasil belajar, WiKIT menemukan beberapa penemuan penelitiannya. Diantaranya berhasil meningkatkan hasil belajar siswa rata-rata 0,72 standar deviasi, setara dengan meningkatkan nilai ujian satu tingkat (Contoh: dari B ke A).
Kahoot! terbukti membantu siswa belajar lebih efektif, meningkatkan hasil belajar siswa serta membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Selain itu Kahoot! juga menjadi alat pembelajaran yang signifikan dalam membantu siswa belajar lebih efektif di semua jenjang pendidikan, dari SD hingga perguruan tinggi.
Laporan tersebut menunjukkan bukti awal yang komprehensif bagi Kahoot! sebagai platform teknologi pembelajaran yang kuat di berbagai konteks pendidikan. Dalam laporannya, WiKIT juga merekomendasikan untuk melakukan penelitian peer-review lanjutan agar dapat meneliti lebih dalam tentang efektivitas Kahoot! di masa mendatang.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR