OpenIn, penyedia layanan location intelligence, mengumumkan kolaborasi strategis dengan perusahaan jaringan telekomuniasi Telkomsel.
Kemitraan ini ditujukan untuk mengubah pendekatan bisnis dalam memanfaatkan insight geospasial, menawarkan insight yang bernilai khususnya bagi industri ritel, periklanan, dan pengembangan real estate.
“Informasi lokasi berperan sangat penting bagi pebisnis untuk dapat secara akurat menentukan lokasi usaha yang tepat sesuai dengan target pasar mereka. OpenIn bisa memberikan data pengunjung dan demografi di titik lokasi, di mana pun di Indonesia secara akurat,” ujar Arman Masagung selaku CEO & Co-founder OpenIn.
Kerja sama ini memperkenalkan metodologi baru dalam analisis insight lokasi. Dengan memanfaatkan teknologi analitik dan kecerdasan buatan terdepan, OpenIn dapat menyajikan analisis mobilitas yang detail, mencakup traffic pejalan kaki, informasi demografis seperti Usia dan Jenis Kelamin, dan tingkat Status Sosial-Ekonomi (SES) untuk setiap lokasi di seluruh Indonesia.
Informasi ini menjadi kunci bagi bisnis yang bertujuan untuk mengoptimalkan kehadiran fisik mereka dan menyelaraskan dengan tepat keberadaan target pasar mereka.
“Solusi Mobility Insight dari Telkomsel Enterprise berfokus pada analisis pergerakan dan kepadatan manusia, memanfaatkan kapabilitas pengolahan dan analisis telco insight. Kerja sama dengan OpenIn dapat menghadirkan telco insight yang akurat, spesifik, dan valid untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengembangan kebijakan yang efektif, sejalan dengan misi Telkomsel menyediakan konektivitas, solusi, dan layanan yang inovatif serta unggul bagi semua orang, setiap rumah, hingga kegiatan usaha untuk membuka semua peluang transformasi dan akselerasi pertumbuhan ekonomi,” ungkap Alfian Manullang, VP Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel.
Salah satu keunggulan OpenIn adalah sistem rekomendasi berbasis Artificial Intelligence (AI), yang dirancang untuk mengidentifikasi dan merekomendasikan peluang ekspansi bisnis yang paling menguntungkan.
Melalui analisis komprehensif terhadap insight lokasi, OpenIn membantu bisnis memaksimalkan keuntungan dengan menempatkan mereka di lokasi strategis di mana pasar target mereka berada.
Pendekatan ini membuka lembaran baru dalam keakuratan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis.
Dukungan terhadap OpenIn datang melalui New Ventures Program dari Living Lab Ventures (LLV), sebuah program akselerasi startup yang dibangun atas dukungan keahlian, layanan, dan ekosistem milik Sinar Mas Land.
Melalui program ini, OpenIn dapat mengakses sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan potensi bisnis dan dampaknya dalam industri.
Bayu Seto, Partner of Living Lab Ventures menyampaikan, “Kami sangat senang dapat menyaksikan kolaborasi antara OpenIn dan Telkomsel dalam pemanfaatan solusi Mobility Insight. Kerja sama ini menandakan konvergensi inovasi dan keahlian industri untuk mendorong pertumbuhan dalam lanskap bisnis di Indonesia.”
“Melalui New Ventures Program, LLV telah menyaksikan dedikasi OpenIn dalam memanfaatkan layanan location intelligence untuk hasil transformasional, dan kemitraan strategis ini menjadi bukti nyata potensi mereka untuk merevolusikan kegiatan bisnis dengan menggunakan data geospasial,” tambahnya.
Baca Juga: Belajar dari Pengalaman Telkomsel Implementasikan Generative AI
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR