Demi mendukung brand dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal Indonesia, Lazada Indonesia (Lazada) bekerja sama dengan Meta di Indonesia menggelar Lazada Seller Summit 2024 untuk memperkenalkan Sponsored Media, suatu solusi promosi yang mudah dan efisien bagi para penjual dan brand lokal di platform Lazada untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.
Kini, konsumen beradaptasi dengan tren dan perilaku belanja online secara cepat, serta semakin cerdas dalam mengambil keputusan saat membeli barang secara online. Data menunjukkan bahwa 66,5% penduduk Indonesia adalah pengguna internet, dengan 46,1% dari pengguna tersebut menggunakan internet untuk mencari produk dan brand. Selain itu, 97,8% pengguna internet menggunakan media sosial[2], memberikan kesempatan besar bagi penjual untuk berinteraksi dengan konsumen melalui saluran media sosial untuk mempromosikan brand dan produk mereka.
Sponsored Media diperkenalkan sebagai bagian dari fitur Promosi Berbayar Lazada (Lazada Sponsored Solutions) yang bisa diakses melalui Lazada Seller Center dan memungkinkan brand dan UMKM lokal untuk mendapatkan dan mengarahkan traffic dari pengguna di platform Meta (Facebook, Instagram, dan Audience Network) ke toko mereka di platform Lazada.
Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata menjelaskan keuntungan menggunakan solusi Sponsored Media. “Lazada Sponsored Solutions adalah rangkaian fitur yang dirancang untuk mendukung setiap wirausaha yang ingin berkembang bersama Lazada, termasuk diantaranya solusi Sponsored Media ini. Solusi ini ditawarkan melalui kerja sama dengan Meta dan dapat dengan mudah diakses melalui Seller Center Lazada.”
“Dengan memanfaatkan basis pengguna Meta yang luas, solusi ini akan menyederhanakan dan mempercepat proses dalam menarik lebih banyak traffic dan potensi penjualan untuk para penjual dan brand lokal, sehingga mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di Lazada,” lanjut Stefan.
Solusi Sponsored Media menawarkan beberapa keuntungan bagi UMKM diantaranya:
1. Pengelolaan kampanye Iklan Meta untuk toko dalam platform Lazada secara terintegrasi
Penjual dapat merancang dan menjalankan kampanye promosi di seluruh platform Meta hanya melalui satu dasbor di Lazada Seller Center. Dasbor ini juga menampilkan data dan informasi tentang kinerja toko serta rekomendasi untuk kampanye berikutnya.
2. Menjangkau calon pembeli di seluruh platform Meta dengan lebih mudah
Penjual yang menggunakan solusi Sponsored Media diberikan opsi untuk merancang kampanye promosi di seluruh platform Meta, termasuk Facebook dan Instagram. Ini memungkinkan penjual untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli dan meningkatkan brand awareness di berbagai saluran promosi.
3. Meningkatkan keterlibatan dengan pengguna Lazada dan menjaga loyalitas terhadap brand
Selain menjangkau calon pembeli di platform Meta, solusi Sponsored Media juga memungkinkan penjual merancang berbagai kampanye untuk mempromosikan penawaran atau diskon eksklusif yang menargetkan para pelanggan mereka di platform Lazada guna meningkatkan loyalitas.
Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan, “Di Meta, kami berkomitmen membuka berbagai kesempatan untuk bisnis agar bisa tumbuh dan terhubung dengan audiens mereka. Kolaborasi dengan Lazada di Indonesia ini tidak hanya memberikan peluang bagi bisnis lokal, tetapi juga membantu efisiensi inisiatif pemasaran mereka dan meningkatkan brand awareness di seluruh saluran promosi.”
Lazada Seller Summit 2024 digelar secara hybrid dan dihadiri oleh ratusan brand dan UMKM lokal yang hadir secara offline maupun online. Dalam acara ini, perwakilan dari Lazada dan Meta di Indonesia menyoroti manfaat Sponsored Media dan berbagi cara menerapkan solusi tersebut di toko dalam platform Lazada.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR