Twilio baru-baru ini mengumumkan fitur baru Linked Audiences dan Segment Data Graph pada platform data pelanggan (customer data platform/CDP) Twilio Segment.
Fitur ini dihadirkan untuk meningkatkan interoperabilitas Twilio Segment dengan platform data dan data warehouse. Pasalnya, menurut Twilio, meski kaya akan data dan komprehensif, data warehouse kerap sulit diakses.
Dengan memanfaatkan Linked Audiences dan Segment Data Graph, para marketer dapat menggabungkan data real time yang diperoleh dari CDP dan data dari data warehouse. Manfaat yang diperoleh, selain pandangan yang menyeluruh dan real time tentang pelanggan, pemasar juga akan dapat menggunakan model AI tingkat lanjut untuk meningkatkan hasil interaksi dan keterlibatan pelanggan. Pada akhirnya, kedua fitur ini juga akan meningkatkan efektivitas strategi pemasaran.
“Melalui peningkatan interoperabilitas antara CDP Segment dengan platform data dan data warehouse, bisnis dapat mengeksplorasi kekuatan sesungguhnya dari data pelanggan,” ungkap Thomas Wyatt, President Twilio Segment.
Wyatt mengibaratkan inovasi ini seperti sistem GPS mengubah peta analog, mengubah data pelanggan dari sekadar informasi mentah menjadi wawasan yang dapat langsung diterapkan untuk meningkatkan interaksi dan pengalaman pelanggan secara efektif.
Data lake, data warehouse, dan data lakehouse adalah alat-alat yang dulu biasa digunakan dalam analisis, tapi kini semakin berperan dalam kegiatan operasional seperti AI prediktif berkat kemampuan mereka menyimpan data organisasi dalam jumlah sangat besar. Seiring dengan hal tersebut, makin banyak pengguna yang mengintegrasikan data lake, data warehouse, dan data lakehouse dengan CDP Twilio Segment. Saat ini, lebih dari 1 triliun baris data disinkronkan ke warehouse setiap bulannya di Twilio Segment Platform. Nama-nama besar industri seperti Snowflake, perusahaan Cloud Data AI, dan Databricks, perusahaan Data dan AI, mengakui pentingnya meningkatkan kapabilitas pelanggan mereka melalui integrasi CDP.
Onil Gunawardana, Kepala Departemen Pemasaran Produk Data Cloud, Snowflake mengatakan, dengan interoperabilitas yang lebih tinggi, Snowflake membantu pemasar mengakses dan menggunakan data dari platform Snowflake pada berbagai saluran baru secara real time dan dalam skala besar.
Baca juga: Teknologi AI Permudah Urusan Bisnis dan Meningkatkan Keuntungan
Baca juga: Supaya Bermanfaat, Pengembangan AI Harus Prioritaskan Kemanusiaan
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR