Merayakan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal !0 November 2024, platform Tokopedia dan ShopTokopedia menyatakan akan terus mendukung para UMKM lokal sebagai pahlawan ekonomi yang turut berkontribusi memberdayakan masyarakat sekitar
Demi mendorong UMKM lokal dapat berjaya di negeri sendiri hingga mampu berkontribusi terhadap perekonomian nasional lewat pemanfaatan teknologi, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya dengan menghadirkan berbagai kampanye dan fitur, termasuk melalui live streaming, yang tersedia pada platform ShopTokopedia di aplikasi TikTok.
dalam konferensi pers virtual yang digelar Jumat (08/11/2024), Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan, “UMKM itu tulang punggung ekonomi Indonesia. Kami menyambut Hari Pahlawan dengan terus membantu pelaku usaha di Indonesia untuk menjangkau pasar yang lebih luas.”
Selain itu, untuk memudahkan masyarakat mengakses kebutuhan harian dengan kualitas produk dan harga yang transparan, Tokopedia dan ShopTokopedia menghadirkan berbagai inisiatif.
Pertama, kampanye Beli Lokal yang mengusung brand lokal. “Ini memang kampanye khusus di mana kami menydiakan halaman khusus yang bisa diakses di Tokopedia dan ShopTokopedia,” cetus Aditia.
Kemudian, ada Promo Guncang yakni kampanye khusus setiap tanggal kembar. “di sini pembeli bisa diguncang flash sale, promo ongkir, dll,” ucap Aditia.
Selain itu, ada pula insiatif Tokopedia NYAM! untuk mendukung penjual makanan dan minuman, dan Selalu Jadi Syantik yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh melalui ShopTokopedia.
Tren belanja online selama kuartal III 2024
Melihat semangat para pelaku usaha hingga UMKM Indonesia, serta pengguna Tokopedia dan ShopTokopedia yang turut berkontribusi pada pemanfaatan teknologi, berkat berbagai kolaborasi yang dilakukan, Tokopedia dan ShopTokopedia telah menghasilkan berbagai dampak positif.
Saat ini, ada jutaan penjual tergabung di dalam platform Tokopedia dan ShopTokopedia.
Hal ini memungkinkan masyarakat untuk mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik.
Menurut data internal Tokopedia selama kuartal III 2024 dibandingkan dengan kuartal III 2023, Sumatra Selatan, Jambi, Lampung, Jawa Tengah dan Banten, menjadi lima daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah pelaku usaha, dengan kenaikan rata-rata lebih dari 1,5 kali lipat.
Lima kategori produk menjadi yang paling populer di Tokopedia di berbagai pulau di Indonesia selama kuartal III 2024, yakni:
“Kami juga memiliki temuan menarik, menurut data internal ShopTokopedia, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Bengkulu, Maluku dan Papua menjadi lima daerah dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi sepanjang kuartal III 2024 dibandingkan kuartal III 2023,” jelas Aditia.
Lima kategori produk yang paling populer di ShopTokopedia di berbagai pulau di Indonesia selama kuartal III 2024:
Baca Juga: Lima Tips dan Trik Live Shopping agar Jualan Online Laris Manis
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.
KOMENTAR