Live streaming kini menjadi fitur yang banyak diminati masyarakat Indonesia saat berbelanja online.
Menurut riset 'Indonesia E-commerce Trends 2023' yang berfokus pada tren konsumen pada semester II 2023, sebanyak 87% responden mengaku pernah menonton live streaming dan 77% dari responden melakukan transaksi via fitur live streaming.
“Melihat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap live streaming, maka semakin besar pula peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha lokal, termasuk UMKM, sekaligus menjadi pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara,” ujar Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, saat konferensi pers virtual pada Jumat (08/11/2024).
“Selain dapat memberikan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan menghibur bagi pelanggan lewat ShopTokopedia, fitur live streaming dapat dimanfaatkan menjadi salah satu strategi pemasaran oleh penjual dari berbagai kategori, mulai dari Kecantikan, Fashion, Olahraga, Makanan dan Minuman, Elektronik dan masih banyak lagi,” pungkas Aditia.
Melihat data pemerintah, yang mencatat bahwa UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia, UMKM bisa disebut sebagai pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara.
Untuk mendorong pertumbuhan bisnis bagi pelaku usaha lokal di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan serta webinar seputar live shopping yang dapat ditemukan secara gratis di Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy.
Agar setiap pelaku usaha berhasil memberi pengalaman belanja yang lebih interaktif, serta meningkatkan transaksi melalui fitur live streaming, penjual harus memastikan bahwa akun TikTok yang dimiliki telah menjadi Akun Resmi Toko (ShopTokopedia) tanpa syarat jumlah pengikut minimum.
Aditia mengungkapkan bahwa terjadinya pertumbuhan jumlah penjual dan transaksi belanja online, turut didukung pula oleh fitur live streaming di ShopTokopedia.
“Buktinya, sebanyak 60% konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia. Bahkan, pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping," papar Aditia.
Selama kuartal III-2024, lima kategori terlaris saat live streaming, yaitu Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen Perempuan, Muslim Fashion, Fesyen Pria, serta HP dan Elektronik," lanjut Aditia.
Baca Juga: Rayakan Hari Pahlawan, Tokopedia & ShopTokopedia Terus Berdayakan UMKM
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.
KOMENTAR