Microsoft baru-baru ini mengumumkan bahwa Microsoft 365 Copilot kini mendukung Bahasa Indonesia.
Pengumuman tersebut menandakan keberlanjutan komitmen Microsoft untuk memungkinkan semakin banyak individu dan organisasi di Indonesia agar dapat memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan (AI) dengan Bahasa Indonesia.
Terintegrasi di seluruh aplikasi Microsoft 365 seperti Word, Excel, dan PowerPoint, Microsoft 365 Copilot mampu mempercepat alur kerja, mendukung proses pengambilan keputusan, dan mendorong efektivitas operasional.
Sebagai pengguna awal Microsoft 365 Copilot, Telkomsel, misalnya, telah merasakan peningkatan produktivitas yang signifikan sejak mengadopsi solusi ini. Dampak signifikan yang didapat antara lain mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan tugas-tugas repetitif, meningkatkan kualitas kerja, dan memfokuskan sumber daya untuk aktivitas yang lebih strategis. Peningkatan ini telah memberikan manfaat yang terukur dalam aspek produktivitas operasional dan customer engagement.
Ricky Haryadi (Go-To-Market Lead, AI at Work & AI for Cybersecurity Microsoft ASEAN) mengatakan kini Microsoft 365 Copilot mendukung Bahasa Indonesia dan Microsoft ingin membuka peluang baru bagi organisasi untuk mentransformasi cara kerja. Microsoft juga akan meningkatkan produktivitas, mengembangkan kreativitas, dan mendorong kualitas kerja, dengan proteksi tingkat enterprise serta praktik AI yang bertanggung jawab.
"Copilot hadir untuk membantu dalam segala hal, mulai dari meringkas serta membuat dokumen, hingga melakukan analisis data yang kompleks. Semuanya dalam bahasa yang terasa alami bagi pelanggan kami di Indonesia. Dengan hampir 70% dari 500 fortune companies menggunakan Microsoft 365 Copilot, kami terus menambahkan inovasi baru, mulai dari produktivitas personal hingga transformasi proses bisnis, dengan kapabilitas baru seperti Copilot Actions, Agents, dan Copilot Control System,” ujarnya.
Pengumuman kehadiran Microsoft 365 Copilot dalam Bahasa Indonesia hadir di masa krusial di mana organisasi dengan cepat mengadopsi solusi transformasi digital untuk tetap kompetitif. Tool ini memungkinkan pengintegrasian AI ke dalam kegiatan operasional bisnis sehari-hari, sehingga karyawan dapat fokus pada tugas-tugas bernilai tinggi yang mendorong pertumbuhan organisasi. Kemampuan Microsoft 365 Copilot untuk memahami konten dalam Bahasa Indonesia menjadikannya alat serbaguna bagi individu dan organisasi di Indonesia.
Di divisi seperti Pemasaran, Keuangan, dan Manajemen Solusi Bisnis, tim Telkomsel mulai memanfaatkan Microsoft 365 Copilot untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas dalam kegiatan operasi mereka sehari-hari, serta mencapai hasil optimal.
Tim pemasaran, misalnya, menggunakan Microsoft 365 Copilot untuk menyederhanakan program-program pemasaran, channel management, dan pembuatan kampanye, serta meningkatkan lead generation. Ada sejumlah peningkatan penting yang tercatat, seperti pengurangan waktu yang dihabiskan untuk merekap detail rapat–dari 2 jam per rapat menjadi 30 menit–dan pembuatan presentasi yang semakin berkualitas berkat penghematan waktu tersebut.
Microsoft 365 Copilot secara signifikan juga telah meningkatkan kualitas output untuk pembuatan konfigurasi persona dengan merangkum 3.000 percakapan yang biasanya memakan waktu pemrosesan hingga 2 hari menjadi hitungan menit.
Di sisi lain, tim Manajemen Solusi Bisnis dapat memperoleh wawasan tentang perkembangan industri hanya dalam waktu 10 menit, dari yang tadinya 2 hari; dan menganalisis sentimen pelanggan dalam waktu 2 hari, dari yang tadinya 1 minggu.
Waktu pemecahan masalah untuk system logs sekarang juga cukup memakan 30 menit, dari yang dulunya 3 jam. Data-data ini mencerminkan penghematan waktu yang sangat signifikan.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR