Infobip, platform komunikasi cloud global, telah meluncurkan data terbaru mengenai interaksi komunikasi selama Black Friday dan Cyber Week 2024, yang menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa di seluruh wilayah Asia-Pasifik (APAC).
Pada Black Friday, Infobip mencatat 3,4 miliar interaksi secara global, dengan APAC muncul sebagai pendorong yang signifikan, menyaksikan pertumbuhan yang mengesankan sebesar 64% menjadi 109,5 juta interaksi, dibandingkan tahun lalu.
Lonjakan interaksi ini menggarisbawahi preferensi yang semakin meningkat terhadap pengalaman percakapan, di mana pelanggan dapat menyelesaikan seluruh perjalanan dengan lancar - mulai dari browsing hingga purchasing - dalam satu saluran. Interaksi WhatsApp dan Viber pada Black Friday meningkat masing-masing sebesar 83% dan 41% dari tahun ke tahun. Khususnya, interaksi email mengalami peningkatan signifikan sebesar 185% dibandingkan tahun 2023.
Pertumbuhan interaksi perpesanan di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan selama periode Black Friday, Cyber Monday, dan Cyber Week hingga 53%, 38% dan 54% dari tahun sebelumnya. Data ini sejalan dengan tren global, di mana interaksi perpesanan saat Cyber Week mengalami lonjakan pada pasar-pasar seperti Filipina (91%), Tiongkok (67%) dan Thailand (26%) dibanding tahun sebelumnya.
Khususnya di India, sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di APAC, interaksi Rich Communication Services (RCS) meningkat empat kali lipat hingga 1162%, sementara WhatsApp mengalami peningkatan sebesar 113% pada hari Black Friday.
“Pertumbuhan interaksi perpesanan di Indonesia selama periode Black Friday dan Cyber Week menunjukkan bahwa konsumen Indonesia semakin nyaman dan terbuka berkomunikasi dengan brand melalui platform perpesanan, hal ini menjadi sinyal bagi bisnis untuk lebih serius mempertimbangkan strategi komunikasi dengan basis percakapan,” ungkap Enterprise Business Director Infobip Indonesia, Kukuh Prayogi.
Data Cyber Monday di Asia Pasifik juga mencerminkan lintasan pertumbuhan yang serupa, dengan interaksi Viber yang mengalami peningkatan luar biasa sebesar 1427% dibandingkan tahun sebelumnya.
Periode Cyber Week, yang berlangsung dari tanggal 29 November hingga 2 Desember, menandai 338 juta total interaksi yang signifikan, yang mencerminkan peningkatan 58% YoY (Year-on-Year) di Asia Pasifik. Tren ini menyoroti upaya yang terus meningkat dari bisnis dan brand untuk melibatkan konsumen yang sadar akan biaya di luar Black Friday dan Cyber Monday.
VP GM Asia Infobip, Harsha Solanki, menjelaskan, “Seiring dengan peningkatan signifikan dalam interaksi di platform perpesanan seperti Viber, WhatsApp, dan RCS, semakin jelas bahwa pelanggan lebih suka terlibat dalam percakapan dengan brand sepanjang perjalanan belanja mereka, tidak hanya pada Black Friday dan Cyber Monday.”
“Dengan mengintegrasikan saluran perpesanan yang sedang berkembang ini, bisnis dapat tetap berada di depan kurva dan memberikan pengalaman yang kaya, kontekstual, dan personal yang beresonansi dengan pelanggan mereka. Pergeseran ini bukan hanya tren, tetapi mewakili masa depan keterlibatan pelanggan, mendorong koneksi yang lebih dalam dan membangun loyalitas jangka panjang.”
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR