Menyambut peningkatan minat belanja online akhir tahun ini, platform eCommerce terus berinovasi untuk mengoptimalkan pengalaman belanja pelanggan. Tak hanya pesta diskon, platform eCommerce, termasuk Lazada juga menawarkan berbagai layanan berbasis teknologi mutakhir, seperti penggunaan Artificial Intelligence (AI), untuk memberikan pengalaman berbelanja terbaik untuk para pelanggan. Inovasi ini pun nampaknya diterima baik oleh para pelanggan di Lazada.
Penerimaan inovasi ini ditunjukkan oleh antusiasme masyarakat Asia Tenggara terhadap teknologi AI Lazzie dalam fitur AI chatbot Pesan+ di aplikasi Lazada pada promo belanja online Lazada 12.12 belum lama ini. AI Lazzie berhasil meningkatkan pengunjung unik (unique visitors) ke dalam aplikasi sebanyak 76% lewat ‘LazzieChatHunt’ dimana AI Lazzie membagikan LazRewards bagi pelanggan yang memasukan kode khusus lewat Pesan+.
Permainan interaktif ini juga menghasilkan sebesar 6 juta engagement, naik dua kali lipat dibandingkan saat pesta diskon Lazada 11.11. Lazada juga mencatat peningkatan sebesar 46% dalam interaksi proaktif dengan AI Lazzie selama gelaran 12.12, dengan lebih dari 15% berinteraksi secara proaktif untuk menemukan penawaran terbaik dan menerima rekomendasi produk yang dipersonalisasi.
Sementara itu, riset Kantar bersama Lazada yang berjudul “Artifical Intelligence Adoption in eCommerce in SEA” juga menunjukkan bahwa 53% masyarakat Indonesia merasa AI meningkatkan pengalaman belanja, dan 96% percaya AI mampu merekomendasikan produk yang paling relevan bagi mereka. Laporan yang sama juga menunjukkan bahwa masyarakat telah menggunakan berbagai fitur berbasis AI, dengan 54% mengaku telah familiar dengan fitur chatbot berbasis AI.
Tak bisa dipungkiri bahwa fitur chatbot AI merupakan fitur kunci untuk membantu pelanggan memilih hadiah akhir tahun yang diinginkan. Apalagi pada momentum spesial seperti Natal dan Tahun Baru yang selalu menjadi waktu yang pas untuk bertukar atau memberikan hadiah. Berikut beberapa tips manfaatkan fitur AI untuk belanja online yang lebih cerdas.
1. Cari Inspirasi dengan Bantuan Chatbot AI
Pernah merasa butuh suatu barang tapi lupa namanya? Serahkan pada AI! Di aplikasi Lazada, Anda bisa pakai AI Lazzie melalui fitur Pesan+ yang siap jadi asisten belanja pribadi. Cukup deskripsikan produk yang Anda bayangkan dan biarkan AI Lazzie membantu untuk temukan barang tersebut. Tidak hanya itu, AI Lazzie, juga bisa membantu untuk menavigasi proses pengembalian barangmu sampai selesai lewat Pesan+.
2. Tulis Deskripsi yang Spesifik untuk Hadiah yang Lebih Personal
Bosan dengan kado Natal yang itu-itu aja? Coba tanya AI Lazzie untuk rekomendasi hadiah yang lebih personal dan berkesan. Misalnya, ketik “kado Natal anak laki-laki 10 tahun yang suka main game” atau “hadiah untuk pasangan yang populer”. AI Lazzie di Pesan+ akan memberikan berbagai rekomendasi produk yang sesuai dengan kriteria yang disebutkan. Semakin spesifik, semakin jitu rekomendasinya.
3. Terus Tanya dan Kasih Prompt Baru
Kalau rekomendasi yang diberikan AI belum sesuai dengan yang diharapkan, jangan ragu untuk memberikan prompt atau deskripsi baru yang lebih jelas. Seperti AI pada umumnya, AI Lazzie juga terus belajar dan berkembang berkat input dari pengguna. Karenanya, kontribusi Anda sangat berharga untuk meningkatkan kemampuannya.
Misalnya, butuh lebih banyak informasi tentang “rekomendasi sepatu wanita”, Anda bisa tambahkan kata kunci lain, seperti “sepatu olahraga wanita terbaik” atau “sepatu pesta di bawah Rp300 ribu”. Semakin banyak input yang diberikan, makin mudah juga AI Lazzie menemukan barang yang diinginkan.
4. Pantau Promo dan Diskon Kilat
Tidak hanya memberikan rekomendasi produk yang lebih personal, AI Lazzie melalui Pesan+ juga akan mengingatkan berbagai penawaran menarik, termasuk diskon-diskon kilat yang bisa dipakai. Jadi, tidak perlu FOMO (Fear of Missing Out) kehilangan kesempatan untuk dapetin harga terbaik. Agar tidak ketinggalan flash sale dan diskon dadakan, jangan lupa aktifkan notifikasi dari aplikasi Lazada.
5. Tidak Cocok sama Produknya? Coba Fitur Return & Refund
Meski sudah pastikan deskripsi produk, penilaian toko, sampai ulasan pelanggan, kadang kala produk yang datang tidak sesuai dengan yang ekspektasi. Tapi, jangan panik! Anda bisa manfaatkan fitur Return & Refund Lazada untuk mengembalikan barang yang sudah dibeli.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR