Lazada awal bulan ini di Jakarta menegaskan komitmennya mendukung pertumbuhan para UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dan merek lokal tanah air. Lazada menghadirkan aneka fasilitas dan strategi khusus, seperti sistem logistik terpadu dan strategi hiperlokal, untuk meningkatkan penjualan para UMKM dan merek lokal. Dengannya, suatu UMKM dan merek lokal bukan sekadar bisa bertahan, melainkan bisa berkembang pesat. Berkembangnya bisnis para UMKM dan merek lokal bisa mendorong perkembangan bisnis Lazada pula.
Disampaikan pada acara diskusi bertajuk “Komitmen Lazada Terhadap Pengembangan UMKM dan Brand Lokal”, Lazada menambahkan bahwa berbagai UMKM dan merek lokal bisa berkembang pesat pada era digital ini bukan hanya perihal bisnis Lazada, melainkan juga perihal perekonomian Indonesia. Para UMKM dan merek lokal merupakan pilar penting perekonomian tanah air.
Menurut rilis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia pada bulan Januari lalu, UMKM (secara keseluruhan) berkontribusi sebesar lebih dari 60% terhadap PDB (produk domestik bruto) Indonesia. Selain itu, mereka menyerap pula hampir sebanyak 97% tenaga kerja nasional.
“Brand dan UMKM lokal telah terbukti sebagai pilar penting perekonomian. Pasar Indonesia sangat besar, bahkan terbesar di Asia Tenggara, maka mendukung UMKM untuk menguasai pasar dalam negeri merupakan langkah strategis,” tegas Amelia Tediarjo (Head of Operations Lazada Indonesia).
Beberapa fasilitas yang dikedepankan Lazada adalah fitur AI Lazzie, virtual try-on, gamifikasi, Seller Center, LazMall, dan sistem logistik terpadu. Sementara strategi khusus, Lazada mengedepankan strategi hiperlokal. Namun, sistem logistik terpadu juga merupakan salah satu kunci dari strategi hiperlokal dan bisa dibilang sebagai strategi khusus yang dikedepankan Lazada pula.
AI Lazzie, Virtual Try-on, Gamifikasi, Seller Center, dan LazMall
Merupakan fitur AI (artificial intelligence), AI Lazzie memberikan rekomendasi produk terbaik yang bisa memberikan suatu pembeli pengalaman berbelanja yang terpersonalisasi. Virtual try-on memungkinkan suatu calon pembeli mencoba produk yang ingin dibeli secara virtual pada dirinya untuk melihat hasilnya. Gamifikasi menghadirkan elemen permainan dengan berbagai hadiah yang bisa meningkatkan keterlibatan para pembeli maupun calon pembeli.
Sementara Seller Center, seperti namanya, ditujukan untuk para penjual. Via Seller Center, Lazada menyediakan aneka data dan insight yang berguna untuk para penjual dus bisa meningkatkan penjualan. Lazada menambahkan bahwa Seller Center Lazada tidak hanya menyediakan data kinerja toko secara real-time, melainkan juga menyediakan data dan insight terkait tren penjualan di pasar, yang dapat dijadikan referensi untuk penyusunan strategi bisnis suatu penjual.
Adapun LazMall adalah kanal khusus yang bisa memudahkan interaksi antara para penjual dan para pembeli. Berbeda dengan lokapasar reguler Lazada, LazMall memberikan sejumlah fitur seperti jaminan keaslian produk, jaminan pengiriman tepat waktu, jaminan ketersediaan stok, dan jaminan kemudahan pengembalian produk apabila produk yang dikirim tidak sesuai atau ternyata kurang cocok dalam 30 hari. Lazada menyebutkan melalui LazMall dirinya ingin memberikan pengalaman berbelanja yang superior dengan kualitas berbelanja di mal luring.
Bagi para penjual di LazMall, Lazada mengeklaim memberikan banyak dukungan seperti berbagai acara promosi, paket untuk meningkatkan penjualan, dan kampanye tertentu. Selain itu, para penjual di LazMall juga mendapatkan kepercayaan lebih baik dari para calon pembeli dengan fitur-fitur LazMall tadi. LazMall bisa meningkatkan bisnis suatu penjual.
Hiperlokal dan Sistem Logistik Terpadu
Strategi hiperlokal adalah strategi Lazada untuk mendekatkan lokasi produk-produk yang ingin dibeli ke lokasi calon-calon pembeli (suplai lokal menuju permintaan lokal). Strategi hiperlokal diluncurkan di kota Surabaya dan akan menyusul ke kota-kota lain di Indonesia. Dengan hiperlokal, memanfaatkan teknologi, para calon pembeli di Surabaya “didorong” untuk membeli produk-produk dari para penjual maupun fulfillment center di Surabaya. Strategi hiperlokal bisa meningkatkan penjualan dari penjual-penjual lokal di suatu daerah.
Penulis | : | Cakrawala Gintings |
Editor | : | Dayu Akbar |
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.
KOMENTAR