Berdasarkan penelitian eCommerceIQ Asia, ditemukan bahwa saat Ramadan masyarakat Indonesia kerap browsing dan berbelanja online pada jam sahur dan menjelang berbuka puasa. Selain itu, berdasarkan data internal Lazada, pada saat Ramadan setiap tahun terdapat peningkatan jumlah transaksi dibandingkan bulan biasa. Melihat besarnya potensi Ramadan, Lazada meluncurkan berbagai inovasi dan fasilitas untuk membantu seller melipatgandakan penjualannya tahun ini.
“Berdasarkan data tahun sebelumnya diprediksi pada bulan Ramadan kali ini, lonjakan trafik dalam situs dan aplikasi Lazada akan terjadi mulai pukul 02.00 sampai 04.00, selain saat menjelang buka puasa. Berkaca dari hasil tahun sebelumnya, penjualan seller juga diprediksi akan bertambah secara signifikan. Agar seller kami dapat memanfaatkan kesempatan emas ini Lazada meluncurkan sejumlah fitur baru di Seller Center App dan juga memfasilitasi Seller Voucher dengan harapan para seller Lazada dapat menikmati lonjakan order setidaknya hingga 10x lipat dibanding dari hari biasa,” kata Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia.
Beberapa fitur baru yang ditambahkan dalam Seller Centre App diantaranya yaitu fitur “Chat” yang bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara seller dan konsumen. Dengannya, konsumen yang menggunakan aplikasi Lazada dapat langsung berbincang dengan para seller untuk konfirmasi status order, menanyakan stok barang, atau juga memberikan saran serta komentar.
Selanjutnya, fitur “Dekorasi Toko”, yang memungkinkan seller untuk mengkurasi halaman utama toko online-nya untuk memudahkan navigasi dan pengalaman belanja konsumen. Fitur ini dapat membantu seller menonjolkan produk dan promo mereka kepada konsumen.
Kemudian fitur “Bisnis Analisis”, para seller di Lazada dapat memantau penjualan, trafik, stok produk, produk terlaris, juga produk yang masuk wishlist konsumennya. Data yang ada dalam fitur ini terus ter-update setiap 30 detik, ini memungkinan seller untuk memonitor secara real time.
Lazada juga menyiapkan fasilitas promo voucher toko untuk para penjual di Lazada. Semua penjual di Lazada dapat mengikuti promo ini dengan mendaftarkan voucher diskon dengan nilai tertentu yang dapat digunakan konsumen untuk berbelanja di toko mereka pada 25-28 Mei. Lazada akan memberikan subsidi untuk voucher tersebut hingga 50% dari nilai diskon, agar lebih menarik bagi konsumen.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR