Program Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK) yang merupakan salah satu program unggulan Komunitas Bukalapak, kembali diadakan pada tahun ini. Setelah diadakan di daerah Banjasmasin, rangkaian program BNBK juga serentak digelar di daerah lainnya yaitu Sragen, Jawa Tengah.
Pemilihan Sragen sebagai salah satu daerah tujuan gelaran BNBK didasarkan karena adanya potensi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di kota tersebut. Program BNBK di Sragen dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni hingga 1 Juli 2018.
BNBK yang dirancang dan dieksekusi oleh Komunitas Bukalapak ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu. BNBK bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta tentang berbisnis secara online di Bukalapak dan meningkatkan keterampilan dalam mengoptimalkan bisnis mereka tersebut.
Terdapat juga pendampingan yang diberikan untuk memastikan perkembangan bisnis dari para peserta. Selain bertujuan untuk memberikan edukasi, BNBK merupakan ruang yang diberikan oleh Bukalapak kepada komunitas untuk berkreasi dalam menyelenggarakan kegiatan di komunitasnya masing-masing.
“Program BNBK sudah kami mulai dari awal Mei lalu dan hari ini gelaran BNBK ada di Sragen. Peserta pelatihan yang terdiri dari masyarakat umum setempat baik yang sudah terjun menjadi pelaku UKM ataupun mereka yang baru ingin memulai berbisnis, terlihat antusias dan memiliki semangat yang tinggi untuk menjadi pebisnis online,” kata Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak.
“Lebih dari itu, kami bangga akan semangat dan antusiasme yang luar biasa dari masing-masing komunitas dalam merancang, menyiapkan, dan menjalankan BNBK di kota mereka,” tambahnya.
Sragen yang merupakan salah satu kabupaten terkenal di Jawa Tengah juga disebut sebagai daerah penyangga Kota Surakarta memiliki hasil pertanian yang unggul, seperti padi, tebu, kacang tanah dan semangka.
Lebih dari 1300 pelapak yang tergabung di Komunitas Bukalapak regional Jawa Tengah memanfaatkan peluang ini untuk menjual produk-produk olahan makanan melalui UKM yang mereka bangun. Bukalapak kemudian memberikan pelatihan kepada para UKM ini melalui program BNBK agar bisnis yang mereka jalankan bisa mencapai hasil yang maksimal.
Dalam pelatihan tersebut, materi yang diberikan adalah pengenalan tentang Bukalapak sebagai online marketplace yang bisa membantu bisnis para peserta agar lebih maksimal, hingga cara mengoptimalisasi pemasaran barang jualan di Bukalapak seperti teknik pengambilan foto produk, dan menulis deskripsi barang yang baik dan benar. Tim dari divisi lainnya di Bukalapak turut serta memberikan wawasan kepada peserta seperti tentang Trust and Safety.
selain itu, rangkaian program BNBK di Sragen ini juga mendapatkan dukungan dari mitra Bukalapak, yaitu JNE. JNE akan terlibat dalam memberikan materi kepada para peserta BNBK. JNE sebagai mitra logistik akan memberikan wawasan mengenai jasa layanan pengiriman yang bisa dimanfaatkan oleh para pelapak Bukalapak.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR