Memasuki era digitalisasi saat ini, menjadi suatu keniscayaan bagi setiap perusahaan melakukan transformasi digital untuk meningkatkan kinerja dan daya saingnya. Semua itu dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu drive up
revenue, drive down cost, dan drive up SLA.
Untuk membantu perusahaan Indonesia menghadapi tuntutan tersebut, Divisi Enterprise Service Telkom melakukan brand transformation dengan menjadi Telkom Digital Solution untuk pelanggan segmen High End Market. Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom, Judi Achmadi, mengungkapkan bahwa Telkom Digital Solution dapat membantu perusahaan melakukan transformasi digital melalui solusi digital yang terintegrasi dengan mengedepankan customer experience dan business value terbaik.
Secara lebih detail, ada sebelas kategori solusi digital yang ditawarkan Telkom Digital
Solution.
1. Business Process Outsourcing (BPO)/ Business Process Management (BPM)
Solusi ini berupa pengalihdayaan sebagian proses bisnis perusahaan kepada pihak ketiga dengan tujuan efisiensi biaya serta mengurangi risiko sehingga perusahaan dapat lebih fokus pada bisnis intinya. Contoh solusinya seperti Enterprise Shared Services, Managed Service Operation, serta Integrated Health Claim Management.
2. Customer Relationship Management (CRM)
Ini adalah solusi yang bisa digunakan perusahaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan secara efektif dengan menggunakan semua data interaksi perusahaan. Solusi ini meliputi Channel Digital Contact Center, CRM Analytics, dan Order Management System.
3. Data Center & Cloud Services
Infrastruktur TI yang aman dan andal sangatlah penting dalam bisnis perusahaan untuk menjamin kontinuitas bisnis. Akan tetapi, membangun data center sendiri (in-house) bukanlah pilihan yang tepat karena akan membebani cost dan sumber daya perusahaan. Melalui solusi Data Center & Cloud Services ini, Telkom Digital Solution akan mengelola infrastruktur TI krusial tersebut sehingga perusahaan bisa fokus sepenuhnya pada core business.
4. Device/Hardware & Mobility Management
Solusi ini meliputi Seat Management dan Enterprise Mobility Management yang akan mengurangi resiko investasi perusahaan yang disebabkan oleh cepatnya perangkat menjadi obsolete. Dengan solusi ini, perusahaan tidak lagi mengeluarkan one-time expense melainkan operational expense.
5. Digital Advertising
Solusi ini meliputi Online Advertising, Mobile Advertising, Digital Out Of Home (DOOH), Big Data Analytic, serta Digital Proximity. Dengan solusi tersebut, perusahaan dapat lebih efektif dalam membangun brand awareness, memasarkan produk, dan memberikan customer experience yang lebih baik.
6. ICT System Integration
Solusi ini meliputi Supply Chain Management (Fleet Management System,
Vessel Traffic Monitoring System, dan Warehouse Management System) serta Digital Seaport Solution (Port Community System, Terminal Operation System, Car Terminal Operating System, Integrated Mobile Truck Announcement, Integrated
Port Surveillance, dan Cargo Distribution System) yang mendukung proses bisnis perusahaan sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
7. Payment Services
Solusi ini meliputi Billing Payment Aggregator, E-Payment Platform, serta Online Payment Solution/Internet Payment Gateway yang dapat mengelola transaksi keuangan secara real time. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola Billing Collection, memberikan kemudahan dan variasi pilihan channel pembayaran
dan, meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Layanan ini juga memudahkan data monitoring dan meningkatkan kualitas collection.
8. M2M (Machine to Machine)/IoT (Internet of Things)
Layanan ini merupakan solusi digitalisasi proses kerja dengan tujuan efisiensi dan efektivitas sumber daya sehingga perusahaan dapat memperoleh informasi secara real time dan memastikan semua perangkat berjalan baik. Solusi ini meliputi
Smart Home, Smart Building, Smart Metering, dan Wastewater Management.
9. Managed Network Services (MNS)
Layanan ini merupakan solusi pengelolaan jaringan perusahaan secara end-to-end mulai dari layanan network hingga perangkat pelanggan/CPE (Customer Premises
Equipment), dari data center, WAN (Wide Area Network), hingga ke LAN (Local Area Network).
10. Satellite Services
Solusi ini meliputi penyediaan kebutuhan telekomunikasi bagi masyarakat dan perusahaan di wilayah yang belum terjangkau infrastruktur kabel melalui solusi
layanan VSAT, MSS, Broadband Satellite, Broadcast Services, TV Uplink, dan SNG/Satellite News Gathering.
11. Voice, Data & Internet Connectivity
Solusi ini memberikan kemudahan akses/konektivitas berupa layanan voice, data, dan koneksi broadband melalui akses dedicated & broadband internet. Solusi ini meliputi Voice Services, VPN IP, Metro-e, Internet Dedicated (ASTINet), IP Transit, Content Delivery Network (CDN), Global Connectivity, Wifi ID, dan Radio IP.
Semua solusi di atas dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan skala bisnis perusahaan. “Telkom Digital Solution akan senantiasa mendukung transformasi digital bagi perusahaan untuk berkembang dan memberikan layanan terbaik bagi
para pelanggan,” tutup Judi Achmadi.
Penulis | : | Administrator |
Editor | : | Wisnu Nugroho |
KOMENTAR