Find Us On Social Media :

Epson L4150: Tinta Isi Ulangnya Lebih Ringkas, Kinerja tetap Tangguh

By Dayu Akbar, Minggu, 18 November 2018 | 12:46 WIB

Sejak awal kehadiran seri L, Epson secara konsisten meluncurkan jajaran perangkat tersebut dengan membawa inovasi serta pembaruan dibanding generasi sebelumnya. Dan pada Epson L4150, kami melihat pembaruan yang paling terasa adalah penempatan tangki tinta yang kini menyatu dengan bodi multifungsi. Dengan desain baru ini, pengguna tetap bisa dengan mudah mengisi tinta serta melihat kapasitas tinta karena wadahnya sedikit transparan. Ini juga membuatnya lebih ramping sehingga lebih praktis saat ditempatkan di meja. Desain yang lebih ringkas ini membuat Epson pernah mengklaim L4150 sebagai perangkat CISS (Continuous Ink Supply System) dengan footprint yang paling kecil.

Dengan CISS berkapasitas besar, pengguna akan lebih hemat biaya cetak ketika mencetak banyak dokumen. Kandungan botol tinta cyan, magenta, dan yellow, masing-masing mampu mencetak dokumen sampai 6.000 lembar. Sementara untuk botol tinta hitam, kandungannya lebih banyak sehingga mampu mencetak sampai 7.500 lembar. Pada paket pembelian, Epson sudah menyertakan satu paket tinta tersebut.

Instalasi menjadi perhatian khusus kami. Untungnya tersedia manual yang akan memandu langkah-langkah pemasangan. Proses pengisian tinta harus dilakukan hati-hati agar tinta tidak tercecer atau tumpah. Selanjutnya proses pengisian akan berjalan secara otomatis yang memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit.

Secara keseluruhan kami menilai proses instalasi ini sedikit rumit. Kerumitan itu disebabkan karena penggunaan CISS, serta control panel yang hanya menyertakan tombol shortcut. Namun seperti telah disebutkan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah instalasi yang tersedia di manualnya.

Untuk mengoperasikannya, Epson L4150 menyediakan control panel dengan tombol yang tidak banyak. Dan ternyata tombol-tombol ini memiliki banyak fungsi dengan berbagai kombinasi yang mesti ditekan. Bagi yang bingung, Anda bisa membaca manual yang sudah disertakan. Ini terasa saat hendak mengaktifkan fitur Wi-Fi Direct saat pertama kali.

Untuk fungsi lain, terdapat tombol untuk menggandakan (copy) dokumen. Menggandakan dokumen dalam jumlah tertentu, Anda mesti menekan tombol tersebut sebanyak jumlah yang diinginkan. Jika ingin menggandakan 5 dokumen misalnya, Anda mesti menekannya sebanyak 5 kali. Jumlah maksimal yang bisa dilakukan hanya sampai dua puluh.

Sementara untuk fungsi cetak (print) dan pindai (scan) bisa dilakukan dari PC desktop/laptop atau smartphone. Dengan dukungan nirkabel, Anda bisa menghubungkannya melalui perantara router atau secara langsung melalui Wi-Fi Direct. Khusus untuk Wi-Fi Direct, perangkat ini mendukung sampai empat gadget sekaligus.

Untuk pencetakan dokumen, Epson L4150 mampu menghasilkan warna-warna yang baik. Khusus hasil cetak foto dengan mode high quality, warna cenderung pekat. Sementara cetak dokumen monokrom dari gambar warna, hasilnya di atas rata-rata. Untuk kecepatan cetaknya sendiri tidak terlalu istimewa. Jadi meski ditujukan untuk Anda yang sering mencetak banyak dokumen, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kecepatan cetaknya sendiri bisa dilihat pada hasil pengujian yang kami lakukan (lihat tabel).

Dengan desain yang menyatu, tangki tinta jadi lebih terlindung serta aman dan tetap memudahkan pengguna untuk mengisi sendiri tinta dari botolnya.

Wi-Fi Direct memungkinkan fungsi print, copy, atau scan dijalankan langsung dari gadget dengan bantuan aplikasi tambahan Epson iPrint bagi pengguna Android.

Hasil uji (tabel)