Find Us On Social Media :

Inilah Fitur-fitur Kacamata Pintar Spectacles Terbaru, Punya Video AR

By Adam Rizal, Kamis, 22 November 2018 | 16:00 WIB

Ilustrasi Spectacles

Tren penjualan kacamata pintar di dunia tidak segemerlap penjualan ponsel pintar dan jam tangan pintar.

Namun, fakta itu tidak memupuskan harapan Snap Inc untuk meluncurkan kacamata pintar Spectacles terbaru atau generasi ketiga pada akhir tahun ini.

Snap akan membanderol Spactacles generasi terbarunya senilai USD350 atau sekitar Rp5 Jutaan seperti dikutip Ubergizmo.

Spectacles terbaru akan memiliki dua kamera dan desain rangka baru yang terbuat dari aluminum. Dua kamera itu mampu menghasilkan efek augmented reality (AR) dalam bentuk video.

Dua kamera itu akan membuat efek foto mirip 3D dari gambar yang direkamnya. Teknologi itu terinspirasi dari teknologi yang dicita-citakan oleh CEO Snap Evan Spiegel, yaitu teknologi yang seolah-olah bisa menghadirkan objek virtual ke dunia nyata.

Snap hanya akan memproduksi spectacles terbaru sebanyak 24 ribu unit sehingga dapat mengurangi risiko kerugian jika kacamata pintar terbaru itu tidak laku.

Jumlah itu menurun drastis dari pasokan Spectacles generasi kedua hanya 52 ribu unit dan 800 ribu unit Spectacles generasi pertama.

Sebagai catatan, Snap membukukan kerugian USD 40 juta karena banyak Spectacles generasi sebelumnya yang tidak laku di pasar.

Padahal, harga Spectacles generasi sebelumnya hanya US$ 130 hampir separuh dari generasi terbaru.

Snapchat Merugi

Induk usaha Snapchat, Snap, menyebut selama kuartal dua 2018, aplikasi obrolan video itu kehilangan 3 juta pengguna harian (daily active user atau DAU). Snapchat kini memiliki 188 juta pengguna harian.

Persaingan dengan Instagram disebut-sebut kian ketat dalam mengambil hati para pengguna. Sejauh ini, Instagram juga dituding menjiplak sejumlah fitur milik Snapchat, terutama Stories.