Find Us On Social Media :

HP Pavilion x360 14-ba163TX: Laptop Convertible Berlayar Besar

By Dayu Akbar, Rabu, 28 November 2018 | 08:30 WIB

HP menghadirkan varian 2 in 1 melalui seri Pavilion x360. Dengan seri lengkap 14-ba163TX, menegaskan penggunaan layar berukuran 14 inci serta spesifikasi yang digunakan. Seri Pavilion x360 juga menegaskan desainnya yang bisa digunakan dalam multimode. Dengan engsel yang dibuat khusus, Anda bisa memasang perangkat dalam mode mulai dari komputer tablet, posisi keyboard sebagai penyangga, sampai posisi seperti tenda, selain tentunya notebook.

Dengan posisi yang berbeda, Anda bisa lebih leluasa menggunakannya untuk segala kebutuhan, misalnya mode tenda yang cocok untuk menyaksikan film atau memamerkan hasil presentasi. Sedangkan mode komputer tablet, cocok bagi para desainer ataupun ilustrator yang butuh hasil lebih presisi saat menggambar dengan bantuan pena digital yang sudah termasuk dalam paket.

Anda pun tak perlu khawatir berhubung jenis engsel yang dimanfaatkan telah menjalani pengujian sampai 25.000 kali dibuka tutup. HP juga mengklaim telah melakukan pengujian dengan memutar engsel tersebut sampai 360 derajat sebanyak 7.000 kali. Selain dibuat tangguh, material engsel dibuat antikarat dan mudah dibersihkan.

2 in 1 ini dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i generasi kedelapan, tepatnya Kaby Lake-R. Prosesor Intel Core i5-8250U ini ditandem dengan memori utama 8 GB dengan mode single channel, serta kartu grafis NVIDIA GeForce 940MX. Intel Core i5-8250U sendiri tentunya telah dilengkapi juga dengan GPU Intel HD Graphics 620.

Karena juga bisa berfungsi sebagai komputer tablet, otomatis digunakan panel layar sentuh. Dengan ukuran 14 inci, tidak heran fisiknya jadi terasa besar. Padahal biasanya 2 in 1 mengusung desain portabel yang artinya mudah dibawa-bawa. Bobotnya juga bisa dibilang kurang ringan, walau belum bisa dibilang berat dengan 1,63 kg. Begitu pula dengan tebalnya. Namun keuntungannya, Anda bisa mencorat-coret dengan lebih jelas, meski resolusinya hanya 1.366 x768 pixel. Masalah ketebalan bisa jadi dikarenakan oleh penggunaan komponen hard disk. Jika menggunakan media simpan SSD mungkin fisiknya bisa lebih tipis.

HP Pavilion x360 14-ba163TX dilengkapi pula dengan speaker dari Bang & Olufsen yang bersuara lantang. Hal ini membuatnya cocok juga digunakan untuk menikmati hiburan seperti menonton film. Menyegarkan Anda saat beristirahat dari bekerja menggunakannya.

Saat diajak bekerja keras, sistem mampu bekerja maksimal tanpa terjadi panas berlebih. Pengujian yang kami lakukan juga berjalan lancar dengan kinerja yang sesuai dengan peruntukannya. Meski menambahkan kartu grafis NVIDIA, tetapi karena merupakan kartu grafis kelas entry-level, penggunaannya kurang cocok untuk menjalankan game AAA.

Melihat daya tahan baterai, terlihat bahwa layar sentuh berukuran 14 inci yang digunakan tidak mengambil sumber daya listrik yang besar relatif terhadap CPU dan GPU. Ini terlihat saat kami menjalankan video Full HD secara terus menerus dalam kondisi tingkat kecerahan 100%. Hasilnya lumayan lebih lama dibanding menjalankan simulasi aplikasi yang dijalankan oleh PCMark dengan layar yang lebih redup. Resolui yang hanya HD sewajarnya turut membantu.

Pena digital ini memiliki dua tombol tambahan dengan beragam fungsi yang bisa diatur melalui aplikasi yang disertakan.

Dirancang pula untuk kebutuhan hiburan, 2 in 1 ini menggunakan speaker dari Bang & Olufsen yang menghasilkan suara lantang.

Hasil uji