Find Us On Social Media :

Apa saja 80 Produk dan Fitur Terbaru Amazon di Re:Invent 2018?

By Adam Rizal, Minggu, 2 Desember 2018 | 12:00 WIB

Amazon Re:Invent 2018

Ajang Re:Invent 2018 yang berlangsung di Sands Expo telah usai. Dalam rangkaian acara yang dimulai sejak Senin (26/11/2018) hingga Kamis (29/11/2018) waktu setempat, Amazon Web Service merilis 80 produk dan fitur baru.

Ada hal menarik dalam pengumuman sejumlah produk baru itu, yakni memanfaatkan lirik dalam lagu sebagai asosiasi dari keinginan konsumen dengan apa yang bisa Amazon Web Services (AWS) berikan. Salah satunya adalah lagu milik Queen, “I Want It All”.

“Para pengembang selalu punya ambisi ingin semuanya dan ingin semua itu terwujud sekarang,” kata Andy Jassy, CEO AWS saat menjadi pembicara kunci.

“Atas dasar itulah, kami mengembangkan sejumlah fitur baru untuk membantu pengembang mewujudkan keinginannya. Sebab, prinsip kami adalah ‘Kami berada di sini untuk membantumu’,” tuturnya melanjutkan.

Pengembangan Machine Learning menjadi fokus utama AWS. Jassy membeberkan ada 13 kemampuan baru dari pelayanan Machine Learning AWS.

“Salah satunya adalah pengembangan Amazon Extract. Melalui fitur ini, pengembang bisa dengan mudah mengekstraksi data berbentuk teks maupun visual dari berbagai macam dokumen,” kata Jassy.

Menurut Jassy, kelebihan utama dari Amazon Extract adalah proses dokumentasi berlangsung secara otomatis tanpa terlebih dahulu menginput data atau membuat aturan pemrograman.

Pengalaman penggunaan Machine Learning tidak terlalu krusial dibutuhkan. Amazon Personalize menjadi fitur baru lain yang diperkenalkan pada Selasa lalu dengan memanfaatkan machine learning.

Fitur tersebut akan mempelajari data pengguna AWS dan memprosesnya sehingga akan memberi kemudahan dalam menentukan rekomendasi produk yang diinginkan, seperti musik, film, atau artikel paling pas untuk mereka.

“Dengan fitur ini, kita bisa mendapatkan personalisasi secara real time sehingga memudahkan pengembang untuk menawarkan produknya sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Teknologi ini sama seperti yang kami gunakan untuk Amazon.com,” ucap Jassy.

Fitur baru lain dari machine learning yang dianggap bisa menjawab kebutuhan pelanggan adalah Amazon Forecast.

Teknologi tersebut akan memudahkan perusahaan untuk membuat proyeksi terkait dengan rencana bisnisnya dalam beberapa tahun mendatang.